"Cetar", Program PKK Lumajang Jadikan Keluarga sebagai Garda Terdepan Mencegah Penyalahgunaan Narkoba
29 November 2023 | Dilihat 551 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lumajang berkomitmen untuk menjadikan keluarga sebagai garda terdepan, dalam upaya mencegah dan menangkal peredaran narkoba.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Rahayu Agus Triyono saat membuka kegiatan Sosialisasi Bela Negara Melalui CETAR Menuju Keluarga Sehat Tahun 2023, bertempat di Gedung Panti PKK Lumajang, Selasa (28/11/2023).

Rahayu juga menyampaikan, bahwa keluarga merupakan pondasi utama dalam membentuk karakter anak-anak, sehingga dapat menghindarkan diri dari penyalahgunaan narkotika dan obat/bahan berbahaya (Narkoba).

"Kami percaya bahwa keluarga memiliki peran krusial dalam membentuk nilai-nilai positif dan karakter yang kuat pada anak-anak. Untuk itu, melalui program "Cetar", PKK berkomitmen untuk bersama-sama mencegah dan menangkal peredaran narkotika agar menciptakan keluarga yang sehat dan harmonis," ujar dia.

Selain itu, disampaikan Rahayu, bahwa Program "Cetar" dirancang untuk memberikan pemahaman kepada anggota keluarga, terutama orang tua dan anak-anak, mengenai bahaya penyalahgunaan narkotika dan cara-cara pencegahannya.

“Kegiatan-kegiatan edukatif, seminar, dan lokakarya akan diadakan sebagai bagian dari upaya PKK dalam memberdayakan keluarga sebagai garda terdepan melawan narkotika,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa dalam sosialisasi tersebut, narasumber memberikan wawasan tentang dampak negatif narkotika dan cara efektif mencegahnya. Mereka, menegaskan pentingnya peran orangtua sebagai mentornya anak-anak dalam memilih gaya hidup sehat.

"Melibatkan keluarga dalam upaya pencegahan narkotika adalah langkah proaktif dan preventif. Kami ingin menciptakan lingkungan keluarga yang aman, dimana setiap anggota keluarga dapat berkembang secara positif dan terlindungi dari ancaman narkotika," imbuhnya.

Rahayu berharap, program "Cetar" tidak hanya memberikan pemahaman, tetapi juga menginspirasi keluarga untuk aktif terlibat dalam melindungi generasi penerus dari ancaman narkotika. Dengan membangun keluarga yang kuat dan sehat, dan PKK meyakini bahwa upaya tersebut merupakan investasi jangka panjang dalam membentuk masyarakat yang lebih baik dan berkualitas. (MC Kab. Lumajang/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan