Raih Penghargaan Kabupaten Sehat, Sekda Lumajang Sampaikan Pesan Inspiratif untuk Menuju Wistara
29 November 2023 | Dilihat 453 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kemenkes RI

Kabupaten Lumajang, Jawa Timur meraih penghargaan prestisius sebagai Kabupaten Sehat dalam kategori Swasti Saba Padapa. Penghargaan tersebut menjadi bukti nyata komitmen dan upaya bersama seluruh komponen masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang sehat dan berkualitas.

“Alhamdulillah tadi malam, saya mewakili Ibu Pj. Bupati Lumajang untuk menerima penghargaan Kabupaten Sehat Kategori Swasti Saba Padapa di Jakarta. Semoga kedepan Kabupaten Lumajang bisa meraih kembali kategori Wistara,” ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lumajang, Agus Triyono saat dimintai keterangan melalui telepon selulernya, Rabu (29/11/2023).

Agus Triyono juga mengungkapkan, bahwa untuk merayakan prestasi tersebut, dirinya memberikan pesan inspiratif kepada seluruh masyarakat Lumajang. Adapun poin-poin kunci yang disampaikan adalah sebagai berikut :

1. Kesehatan sebagai Tanggung Jawab Bersama. Yang artinya, kesehatan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan tanggung jawab bersama seluruh komponen masyarakat. Kesadaran akan pentingnya kesehatan perlu ditanamkan dalam setiap individu.
2. Mulai dengan Hidup Bersih dan Sehat. Yang artinya, transformasi besar dimulai dari langkah-langkah kecil. Mari bersama-sama membiasakan hidup bersih dan sehat di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Kebersihan lingkungan adalah langkah awal dalam mewujudkan kesehatan bersama.
3. Sanitasi Aman. Yang artinya, dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan, stop buang air besar (BAB) sembarangan menjadi masalah serius. Masyarakat diimbau untuk mulai melakukan bersanitasi yang aman, dengan melakukan penyedotan lumpur tinja secara berkala, minimal 2-5 tahun sekali.
4. Pola Hidup Sehat untuk Masyarakat Berkualitas. Yang artinya, pola hidup sehat adalah kunci kesehatan optimal. Masyarakat diimbau untuk mengadopsi pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan menjalani olahraga secara teratur sesuai dengan kemampuan tubuh masing-masing.

Dengan mengikuti pedoman-pedoman sederhana tersebut, diharapkan agar kedepannya pemerintah dan masyarakat dapat terus berkontribusi dalam menciptakan lingkungan yang sehat, dan mewujudkan Kabupaten Lumajang sebagai daerah yang layak mendapatkan penghargaan kategori Wistara pada masa mendatang. (MC Kab. Lumajang/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan