Ini Pesan Optimisme dari Pj. Bupati Lumajang untuk Difabel pada Peringatan HDI dan Temu Inklusi Jatim
30 November 2023 | Dilihat 149 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Kabupaten Lumajang, Jawa Timur terpilih menjadi tempat terselenggaranya kegiatan Lintas Batas Wilayah Bakorwil Jember dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Temu Inklusi Jawa Timur Tahun 2023.

"Peringatan HDI dan Temu Inklusi Jawa Timur Tahun 2023 ini terasa istimewa, karena dilaksanakan di 5 (Lima) Bakorwil Jawa Timur dan untuk Bakorwil Jember dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Lumajang," ungkap Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) saat menghadiri kegiatan peringatan HDI, bertempat di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Kamis (30/11/2023).

Yuyun juga mengungkapkan, bahwa jumlah penyandang disabilitas di Kabupaten Lumajang cukup banyak, yakni sekitar 4.427 orang dengan berbagai jenis kecacatan. Dari seluruh penyandang disabilitas tersebut masih banyak disabilitas lain yang secara bertahap akan diusulkan untuk mendapatkan bantuan sosial sesuai kebutuhannya.

Setidaknya, melalui kegiatan layanan lintas batas disabilitas tersebut nantinya para penyandang disabilitas di Kabupaten Lumajang mendapatkan layanan maupun konsultasi kepada tim yang telah disediakan dan hadir di pendopo Kabupaten Lumajang saat ini.

"Saya harap kegiatan ini membawa manfaat bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Lumajang. Pesan saya jangan pernah merasa rendah diri, terus maju dengan kreatifitas dan mengukir prestasi. Tetap semangat, tunjukkan kaum disabilitas mampu dan bisa," pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Restu Novi Widiani mengucapkan terima kasih dan terharu karena penyambutan kegiatan lintas batas disabilitas dalam peringatan HDI di Kabupaten Lumajang digelar dengan meriah.

Lanjut dia, berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan HDI biasanya hanya dilakukan di satu kabupaten/kota saja, namun tahun ini tim lintas disabilitas bergerak ke lima titik Bakorwil di Jatim, guna menjangkau para difabel untuk diberikan deteksi dini maupun layanan psikososial bagi disabilitas.

"Ini adalah rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2023. Semoga kehadiran kami bisa dirasakan manfaatnya oleh penerima atau penyandang disabilitas di Kabupaten Lumajang," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Pj. Bupati Lumajang juga menyerahkan bantuan yakni kursi roda, tali asih, peralatan dapur dan RTLH, serta alat bantu dengar. Sementara Pemprov Jatim menyerahkan bantuan yakni 200 paket sembako untuk penyandang disabilitas di Kabupaten Lumajang. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan