Jaga Stabilitas Wilayah, Pj. Bupati Lumajang Ingatkan Netralitas Kepala Desa Menuju Pemilu
01 Desember 2023 | Dilihat 184 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) mengimbau seluruh kepala desa (kades), agar menjaga netralitas menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

"Saya minta seluruh Kades menjaga netralitas, sehingga kondusifitas dan stabilitas di masing-masing wilayah tetap terjaga," terang dia saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Kamis (30/11/2023).

Yuyun juga menerangkan, bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa. Pasal 29 menyebut, bahwa kepala desa dilarang menjadi pengurus politik huruf (g), dan ikut serta dan/atau terlibat kampanye pemilihan umum dan/atau pemilihan kepala daerah huruf (j).

Menurutnya, hal ini juga telah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu), khususnya pasal 280 ayat (2).

"Pada pasal 280 ayat (2) ditegaskan lagi bahwa pelaksana dan/atau tim kampanye dalam kegiatan kampanye Pemilu dilarang mengikutkan kepala desa, perangkat desa dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD)," jelasnya.

Itu sebabnya, Pj. Bupati yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur itu berpesan, agar seluruh kepala desa dapat mengikuti aturan sebagaimana yang telah tertuang dalam Undang-Undang.

"Apabila ada yang melanggar, ada konsekuensi sanksi yang akan diterima, baik itu sanksi administratif sebagaimana disebutkan dalam pasal 30 Undang-Undang Nomor 6 tentang Desa, maupun sanksi pidana sebagaimana dijelaskan pada pasal 490 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan