"Bersih Kaliku", ASN di Lumajang Diharapkan Menjadi Contoh dalam Peduli Lingkungan
01 Desember 2023 | Dilihat 168 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk memberikan contoh kepada masyarakat tentang kepedulian terhadap lingkungan, khususnya Kali Asem.

"Mari kita jaga bersama kali asem, karena ini menjadi bagian dari tugas kita bersama untuk keberlangsungan kehidupan masyarakat lumajang yang adil dan makmur, serta sejahtera," ujar dia dalam kegiatan Bersih Kaliku, yang dilaksanakan di sepanjang Kali Asem dari jembatan Yos Sudarso sampai dengan jembatan Gambiran, Jumat (1/12/2023) pagi.

Yuyun juga menyampaikan, bahwa fungsi sungai bagi kehidupan manusia sangat banyak dan penting, antara lain pemanfaatan sungai untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, sanitasi lingkungan, pertanian, industri, pariwisata, olahraga, dan perikanan.

Menurutnya, saat ini kondisi Kali Asem perlu mendapatkan perhatian bersama karena sudah mengalami penurunan dan perubahan fungsi seperti terjadinya pendangkalan, penyempitan dan pencemaran, sehingga mempengaruhi kualitas air yang dimanfaatkan oleh masyarakat, terutama untuk kepentingan irigasi atau ketahanan pangan.

Dirinya berharap, dengan kegiatan tersebut dapat menumbuhkan kepedulian warga untuk menjaga lingkungan, mengingat Kali Asem merupakan wajah masyarakat Lumajang tentang perilaku hidup bersih dan sehat, karena membentang di wilayah perkotaan.

"Kita harus bisa terus menjaga Kali Asem yang kita miliki agar menjadi lebih lestari dan menumbuhkan keharmonisan antara kehidupan manusia dan fungsi sungai. Semoga apa yang kita lakukan pagi ini bisa membawa kebaikan bagi ekosistem Kali Asem dan memberikan dampak positif bagi masyarakat," kata dia.

Kegiatan Bersih Kaliku merupakan salah satu kegiatan dari serangkaian agenda kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-768.

Kegiatan Bersih Kaliku dibuka oleh, Indah Wahyuni didampingi Forkopimda Kabupaten Lumajang dalam apel kegiatan bersih-bersih Kali Asem di Jembatan Pelangi Masjid Agung. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan