IPM Kabupaten Lumajang Naik Kelas, Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Semakin Baik
02 Desember 2023 | Dilihat 145 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Upaya yang terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Lumajang telah membuahkan hasil.

Dari rilis resmi Badan Pusat Statistik Kabupaten Lumajang menyatakan, ada peningkatan IPM pada tahun 2023 mencapai 69,37, hal tersebut meningkat 0,89 poin atau 1,30 persen dibanding tahun sebelumnya yang sebesar 68,48.

Peningkatan tersebut menjadikan IPM Kabupaten Lumajang naik 1 level ke peringkat 35 di Provinsi Jawa Timur. Selama Tahun 2020-2023, IPM Kabupaten Lumajang terus mengalami peningkatan rata-rata sebesar 1,15 persen. Itu artinya, semua upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Lumajang berdampak positif.

Merespon hal tersebut, Sekretariat Daerah Kabupaten Lumajang Agus Triyono mengaku senang dengan kenaikan IPM Kabupaten Lumajang tersebut.

"Rilis dari BPS, IPM kita naik. Alhamdulillah ini kabar baik, itu prestasi luar biasa, kerja keras semuanya. IPM kita naik menjadi 69,37, kita naik satu tingkat," ungkapnya saat dikonfirmasi usai membuka kegiatan Bimtek Kehumasan, di Hall Galaxy Resto Lumajang, Jumat (1/12/2023).

Sekda Lumajang juga mengungkapkan, bahwa peningkatan IPM tersebut juga terjadi pada peningkatan dimensi umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan dan standar hidup layak.

"Hari ini, bayi lahir punya kesempatan hidup sampai dengan umur 74 tahun, artinya tingkat kesejahteraan Lumajang semakin baik, tingkat pendidikan juga semakin baik," terang dia.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda mengucapkan terima kasih kepada seluruh Perangkat Daerah yang sudah bekerja keras dan berkontribusi terhadap peningkatan IPM Kabupaten Lumajang. Dirinya berharap peningkatan terus dilakukan setiap tahunnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan