PKK Lumajang Ngangsu Kaweruh ke Desa Ketapanrame untuk Peningkatan Perekonomian Keluarga
03 Desember 2023 | Dilihat 864 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Lumajang terus berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai program inovatif. Salah satu langkah konkret yang diambil adalah melakukan studi tiru ke Desa Ketapanrame Kabupaten Mojokerto, guna memperoleh wawasan terkait pengelolaan potensi desa dan pemberdayaan masyarakat.

“Kami terus berupaya untuk dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui berbagai program pemberdayaan yang dilakukan oleh PKK. Harapannya, mendapatkan wawasan baru terkait pola pengelolaan potensi desa dan pemberdayaan masyarakat. Untuk itu, Hari Sabtu kemarin kami Ngangsu Kaweruh (menimba ilmu, red) ke Desa Ketapanrame,” kata Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Rahayu Agus Triyono saat dimintai keterangan di sela kegiatannya di Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, bertempat di Desa Ketapanrame Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto, Sabtu (2/11/2023).

Rahayu juga mengatakan, bahwa Desa Ketapanrame dipilih sebagai objek studi karena dianggap berhasil dalam mengelola potensi desa untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Beberapa program unggulan yang berhasil diterapkan di desa tersebut menjadi inspirasi bagi PKK Lumajang.

Lanjut dia, adapun tujuan dari studi tiru tersebut adalah untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai strategi, yang telah dilakukan oleh Desa Ketapanrame dalam pemberdayaan masyarakat dan pengelolaan potensi desa.

"Kami berharap dapat mengadopsi best practices yang telah berhasil diimplementasikan di Desa Ketapanrame, agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Lumajang, khususnya dalam hal perekonomian keluarga," ujarnya.

Rahayu menambahkan, bahwa selama kunjungan ke Desa Ketapanrame, Tim PKK Lumajang melakukan serangkaian kegiatan, termasuk dialog interaktif dengan Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto, Shofiya Hanak Al Barra, Kepala Desa Ketapanrame Zainul Arifin, PKK Desa maupun pengelola wisata Sumber Gempong dan observasi langsung terhadap keberhasilan program-program yang telah dijalankan.

Salah satu inisiatif sukses yang menjadi sorotan PKK Lumajang adalah pengembangan sentra ekonomi kreatif di Desa Ketapanrame. Sentra tersebut melibatkan berbagai potensi lokal seperti kerajinan tangan, produk pertanian dan kuliner, serta pariwisata desa. Dengan melibatkan masyarakat secara aktif, program tersebut berhasil meningkatkan pendapatan keluarga dan menciptakan lapangan kerja baru.

“Setelah kembali ke Lumajang, PKK berencana untuk mengadaptasi ide-ide dan prinsip-prinsip yang ditemukan selama kunjungan ke Desa Ketapanrame. Dengan harapan bahwa penerapan konsep pemberdayaan masyarakat ini dapat menjadi katalisator untuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan keluarga di wilayah Lumajang,” imbuh dia. (Kominfo-lmj/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan