Pemkab Lumajang Wujudkan Satu Data Indonesia dengan Penataan Infrastruktur yang Lebih Baik
06 Desember 2023 | Dilihat 503 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Untuk memperkuat dan mewujudkan Satu Data Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang akan segera melakukan penataan infrastruktur pendukung agar sistem bisa saling terintegrasi satu dan lainnya.

"Kami berkomitmen menata infrastruktur membangun jaringan intra, sementara di 27 Perangkat Daerah, dengan memaksimalkan fungsi fiber optik, yang tujuannya untuk mempercepat pengumpulan satu data dan penguatan keamanan sistem," kata Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang, Mustaqim saat Pembinaan Statistik Sektoral bagi Admin Satu Data di lingkup Pemerintah Kabupaten Lumajang, bertempat di Hall Hotel Gajah Mada Lumajang, Selasa (5/12/2023) kemarin.

Menurut Mustaqim, dengan penataan infrastruktur jaringan yang lebih baik, maka upaya pengumpulan data yang dilakukan oleh masing-masing perangkat daerah dapat lebih maksimal, sehingga program Satu Data Indonesia bisa terwujud.

"Ini semangat kita Bersama, semakin optimal untuk mengumpulkan data melalui sistem yang terintegrasi, mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk kita semua," harapnya.

Ia juga mengatakan, bahwa selain manfaat percepatan pengumpulan data, penataan jaringan intra di sejumlah perangkat daerah juga dinilai mampu menghemat anggaran belanja internet.

"Belanja bandwidth satu pintu melalui Diskominfo bisa menghemat anggaran internet. Kebutuhan jaringan internet akan menyesuaikan kebutuhan perangkat daerah masing-masing," ujarnya.

Mustaqim juga berharap, agar proses pengumpulan data dari admin satu data kedepan bisa lebih maksimal, akurat dan lebih cepat. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan