Motif Bambu dan Warna Alam Jadi Potret Batik Unik di Desa Sumbermujur Lumajang
11 Desember 2023 | Dilihat 1021 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj/An-m

Pj. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Lumajang, Rahayu Agus Triyono melanjutkan upayanya dalam mendukung dan mengembangkan potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di daerahnya.

Kali ini, beliau melakukan kunjungan ke Desa Sumbermujur Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur untuk bertemu langsung dengan para pengrajin batik yang terkenal dengan motif bambu dan warna alam.

Dalam kunjungannya, Pj. Ketua Dekranasda menyaksikan proses kreatif para pengrajin dalam menghasilkan batik dengan motif bambu yang begitu unik dan menarik. Motif bambu telah menjadi ciri khas bagi UMKM batik di wilayah tersebut, dengan memperlihatkan keindahan seni lokal yang sangat memikat.

Rahayu Agus Triyono juga memberikan apresiasi khusus terhadap penggunaan warna alam dalam produk batik tersebut, menciptakan nuansa yang khas dan ramah lingkungan.

"Saya sangat terkesan dengan kreativitas para pengrajin batik di Desa Sumbermujur. Motif bambu dan penggunaan warna alam memberikan keunikan tersendiri, dan ini merupakan potensi besar yang harus terus dikembangkan," terang dia saat dimintai keterangan di Rumah Produksi Batik Bambu Mujur Milik Nurul Huda, bertempat di Desa Sumbermujur, Senin (11/12/2023).

Rahayu juga menerangkan, bahwa dirinya berkeinginan untuk membantu mempromosikan produk UMKM batik tersebut, dalam event pameran UMKM maupun mengenakan batik Lumajanga saat berkegiatan di tingkat provinsi maupun pusat.

Dirinya berharap, agar langkah tersebut dapat memberikan peluang lebih luas bagi para pengrajin batik untuk meningkatkan pemasaran produk.

"Kami berkomitmen untuk mendukung UMKM batik di Kabupaten Lumajang. Dengan mengikutsertakan produk batiknya dalam event pameran, kita dapat memperkenalkan keindahan dan keunikan batik ini kepada masyarakat luas, serta membuka peluang pasar yang lebih besar," ungkap dia.

Rahayu juga mengharapkan, keberadaan Dekranasda dapat memberikan dorongan positif bagi pengrajin batik dan sektor UMKM lainnya di Kabupaten Lumajang. Dirinya optimis melalui sinergi antara pemerintah daerah dan pelaku UMKM, maka potensi ekonomi lokal dapat semakin berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. (Kominfo-lmj/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan