Pemberdayaan Budidaya Ikan Nila, Solusi Terobosan Lawan Stunting di Lumajang
12 Desember 2023 | Dilihat 1675 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj/Anam

Program pemberdayaan masyarakat budidaya ikan nila dinilai dapat menjadi solusi efektif dalam mengatasi masalah stunting dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Hal tersebut disampaikan oleh Pj. Ketua TP PKK Lumajang, Rahayu Agus Triyono dalam kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Budidaya Ikan Nila pada PKK dan Karang Taruna, bertempat di Pendopo Kantor Kelurahan Kepuharjo Kabupaten Lumajang, Senin (11/12/2023).

Rahayu juga menyampaikan, bahwa dirinya memberikan sambutan positif terhadap inisiatif yang diluncurkan oleh PKK dan Karang Taruna Kelurahan Kepuharjo. Mengingat, program tersebut bertujuan untuk mengurangi angka stunting melalui peningkatan asupan gizi masyarakat.

Menurutnya, program budidaya ikan nila tersebut merupakan langkah proaktif dalam mengatasi masalah stunting yang masih menjadi perhatian serius di Kabupaten Lumajang.

“Kami sangat menyambut baik inisiatif PKK dan Karang Taruna Kelurahan Kepuharjo dalam meluncurkan program budidaya ikan nila ini. Dengan meningkatkan konsumsi protein ikan nila, kita berharap dapat mengurangi angka stunting di kalangan anak-anak," ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kelurahan Kepuharjo, Shofi Irwin Abdul Ghofur mengungkapkan, bahwa pihaknya sangat optimis bahwa program tersebut dapat memberikan dampak positif, karena program tersebut melibatkan PKK dan Karang Taruna sebagai mitra dalam pelaksanaan.

Lanjut dia, masyarakat diberikan pelatihan tentang teknik budidaya ikan nila yang baik dan benar, serta manfaat kesehatan dari konsumsi ikan nila secara rutin. Selain itu, para peserta program juga mendapatkan bantuan peralatan budidaya ikan nila sebagai bagian dari upaya untuk memberdayakan masyarakat secara ekonomi.

"Kami berharap, dengan adanya peningkatan produksi ikan nila, masyarakat tidak hanya mendapatkan asupan gizi yang baik, tetapi juga dapat meningkatkan pendapatan keluarga melalui penjualan ikan," harapnya. (Kominfo-lmj/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan