UMKM Lumajang Go Digital, QRIS Mulai Dipakai sebagai Alat Pembayaran Non Tunai
16 Desember 2023 | Dilihat 291 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam

Inovasi transaksi non tunai semakin meluas di Kabupaten Lumajang, dengan sejumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mulai mengadopsi layanan pembayaran menggunakan QRIS. Langkah tersebut terlihat jelas pada serangkaian acara peringatan Hari Jadi Lumajang (Harjalu) ke-768, yang digelar di Alun-alun Lumajang pada 15 - 17 Desember 2023.

Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono mengungkapkan, bahwa pihaknya bekerja sama dengan Bank Jatim untuk memfasilitasi layanan pembayaran non tunai berupa QRIS. Dengan adopsi QRIS tersebut, diharapkan masyarakat yang berbelanja akan lebih mudah melakukan transaksi menggunakan smartphone.

"Kami bekerja sama dengan Bank Jatim dalam memajukan UMKM di Kabupaten Lumajang. Beberapa UMKM sudah menggunakan QRIS sebagai alat pembayaran non tunai," ungkap dia.

Pada peringatan Harjalu kali ini, sejumlah UMKM aktif terlibat untuk meningkatkan ekonomi lokal. Yang menarik, para pelaku UMKM sudah menyediakan layanan pembayaran non tunai melalui scan barcode QRIS.

"Ini salah satu upaya untuk memperkenalkan secara massif penggunaan QRIS bagi warga Lumajang. Mulai dari Bu Pj. Bupati, ASN, hingga kepala Perangkat Daerah akan diminta untuk menggunakan QRIS," terang dia.

Sekda Lumajang berharap, kedepannya, semua toko dan UMKM di Kabupaten Lumajang dapat menyediakan layanan pembayaran melalui QRIS untuk memudahkan masyarakat dalam berbelanja.

"Harapan kami, semua pertokoan, semua UMKM bisa menggunakan fasilitas ini untuk memudahkan orang berbelanja," harapnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan