Terbaik, Karang Taruna Pagesangan Lumajang Meraih Predikat Terbaik Kedua di Tingkat Provinsi Jawa Timur
22 Desember 2023 | Dilihat 353 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam

Satu lagi penghargaan diterima Kabupaten Lumajang di penghujung tahun 2023. Kamis (21/12/2023), Karang Taruna Pagesangan Kabupaten Lumajang berhasil menjadi terbaik kedua Karang Taruna Berprestasi Tingkat Provinsi Jawa Timur.

Penghargaan diserahkan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2023 dari di Gedung Olahraga Kabupaten Sidoarjo.

"Ini kerja keras dan kerja kolaborasi Karang Taruna di Kecamatan Tempeh tepatnya di Desa Gesang. Kegiatan karang taruna ini banyak, punya angkringan, sablon, ini malah bisa merangkul pemuda di Desa Gesang yang tadinya belum punya kegiatan bisa berdaya dan mendapatkan penghasilan dari situ dan mengurangi tingkat pengangguran terbuka di Lumajang," ujar Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) saat di konfirmasi usai acara Penerimaan Penghargaan tersebut.

Menurut Yuyun, Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) menjadi momentum pengingat bersama, bahwa nilai-nilai kesetiakawanan sosial harus diwujudkan dalam aksi nyata sebagai modal sosial untuk meningkatkan kualitas hidup dan penghidupan masyarakat, serta momentum untuk merenung, introspeksi, dan bertindak menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan berkeadilan.

Dalam momentum HKSN 2023 ini, Yuyun mengharapkan, agar prestasi yang berhasil ditorehkan Karang Taruna Pagesangan tersebut, bisa menjadi pengungkit karang taruna lain di Lumajang dalam misi pemberdayaan masyarakat di Lumajang.

"Saya berharap ini akan menular kepada karang taruna yang ada di Lumajang, karena semua karang taruna mempunyai semangat sama ingin maju, kemarin dalam rangka bulan pemuda, Lumajang juga mendapat penghargaan, mas zainul dan juga saiful rijal mendapatkan penghargaan keolahragaan, berarti SDM kita cukup bagus, tinggal dipoles dikit akan banyak penghargaan bisa diraih," harapnya.

Ia menambahkan, bahwa Pemprov mengapresiasi Karang Taruna Pagesangan dengan memberikan uang pembinaan sebesar Rp10 juta.

"Tadi karang tarunanya saya tanya mau dibuat apa uang pembinaannya, katanya mau dibuat usaha souvenir, usaha gantungan kunci, bulan- bulan ini kan musim nikah, saya doakan usaha ini berhasil," imbuh dia.

Dalam kesempatan tersebut juga diselenggarakan Festival Dapur Umum Sehat Tagana binaan Dinsos Jatim. Ada 500 koki Tagana yang berpartisipasi, termasuk Tagana Kabupaten Lumajang ambil bagian dalam kesempatan tersebut. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan