Pemerintah Daerah Komitmen Dukung Kemajuan PSDKU POLINEMA Kampus Lumajang
15 Januari 2024 | Dilihat 143 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur menyatakan komitmennya untuk mendukung kemajuan dan pengembangan Pusat Studi Dalam Kampus Utama (PSDKU) Politeknik Negeri Malang (POLINEMA) di Kampus Lumajang. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari keseriusan Pemerintah Daerah dalam memajukan sektor pendidikan di wilayah Lumajang.

Saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Senin (15/1/2024), Pj Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) menyampaikan, bahwa pada tahun 2024, bantuan operasional dan penyelesaian pembangunan gedung tiga lantai untuk PSDKU POLINEMA sudah termasuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Hal tersebut menandai langkah konkret pemerintah dalam menunjang perkembangan lembaga pendidikan tersebut.

"Di tahun 2024, untuk bantuan operasional dan kelanjutan penyelesaian pembangunan gedung tiga lantai itu sudah masuk di APBD," ujar dia.

Yuyun juga menekankan, bahwa peningkatan dunia pendidikan memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Lumajang. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), angka IPM Lumajang mencapai 69,37, mengalami peningkatan sebesar 0,8 poin atau 1,30 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Jadi nilai IPM kami sudah baik, rankingnya dari 36 menjadi 35, salah satunya yaitu dari meningkatnya dunia pendidikan dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) kami," katanya.

Pendirian PSDKU POLINEMA juga diakui memberikan dampak positif terhadap roda perekonomian di Lumajang. Kehadiran mahasiswa dari luar daerah meningkatkan permintaan akan fasilitas tempat tinggal, membuat bisnis kos-kosan semakin berkembang.

"Ini membawa dampak positif terhadap roda perekonomian kita, karena ternyata mahasiswa di POLINEMA cukup banyak, ada yang dari luar Lumajang. Sehingga bisnis kos disitu lebih marak," terangnya.

Dengan dukungan penuh dari pemerintah daerah, diharapkan PSDKU POLINEMA dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pendidikan dan ekonomi di Lumajang. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan