Kecantikan Alam Lumajang Jadi Pusat Perhatian, Pariwisata Dikonsep Sebagai Pilar Ekonomi
17 Januari 2024 | Dilihat 134 kali | Penulis Arif . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj/Arif

Keindahan alam Lumajang yang beragam, mencakup segala hal mulai dari pertanian, pertambangan, perkebunan, perikanan, hingga potensi pariwisata, menjadi magnet utama dalam menggairahkan pengembangan ekonomi daerah.

Namun, meskipun dipenuhi potensi, pengembangan sektor pariwisata menghadapi tantangan serius, terutama karena keterbatasan dana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Rabu (17/1/2024), Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) dengan penuh kesadaran menggarisbawahi pentingnya pengembangan pariwisata sebagai pilar utama pertumbuhan ekonomi di masa mendatang.

Saat kunjungan lapangan baru-baru ini, Yuyun menegaskan bahwa inisiatif tersebut bukan semata untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), tetapi juga untuk menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

"Dalam situasi APBD yang masih terbatas, kami memahami bahwa pengembangan pariwisata harus menjadi prioritas utama untuk mendorong perekonomian Lumajang. Saat ini, kami tengah berupaya mencari dukungan dana dari berbagai pihak, termasuk Kementerian dan BUMN (Badan Usaha Milik Negara, red), guna mempercepat pembangunan infrastruktur pariwisata," terang dia.

Yuyun menambahkan, bahwa saat ini telah terjalin komunikasi intensif dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), serta PT. Perusahaan Pengelola Aset (Persero) atau PT PIII, terkait rencana pengembangan infrastruktur. Termasuk di dalamnya adalah pengembangan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan Penerangan Jalan Umum (PJU).

"Pertemuan kami dengan PT PIII membawa harapan baru bagi pengembangan pariwisata Lumajang. Kami juga berusaha keras untuk mendapatkan Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT PIII agar pembangunan pariwisata dapat dipercepat di wilayah kami," imbuhnya.

Dalam upayanya memajukan Lumajang sebagai destinasi pariwisata unggulan, Pj. Bupati Lumajang berharap dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk instansi pemerintah dan perusahaan swasta. Meskipun tantangan besar ada di depan, keyakinan akan potensi alam Lumajang yang memikat menjadikan setiap langkah dalam pengembangan pariwisata tersebut dengan penuh semangat dan harapan. (Kominfo-lmj/RA)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan