Pemkab Lumajang Ajukan Permohonan Bantuan Benih untuk Pemulihan Lahan Pertanian Terdampak Banjir
27 April 2024 | Dilihat 297 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj/Anam

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, Jawa Timur telah mengambil langkah proaktif dengan mengajukan permohonan bantuan benih untuk tanaman jagung dan padi kepada Kementerian Pertanian.

Dalam keterangan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, Hairil Diani pada Sabtu (27/4/2024), disebutkan bahwa permohonan bantuan tersebut ditujukan untuk lahan-lahan yang mengalami dampak terdampak dengan intensitas kerusakan ringan hingga sedang akibat bencana banjir yang baru-baru ini melanda daerah tersebut.

"Dalam upaya memulihkan sektor pertanian pasca bencana, kami telah mengajukan permohonan bantuan benih ke pusat bagi lahan-lahan yang terdampak dengan intensitas kerusakan ringan hingga sedang," ujarnya.

Langkah tersebut diambil sebagai bagian dari strategi pemulihan sektor pertanian di Lumajang, dengan harapan bantuan benih tersebut dapat membantu para petani dalam memulai kembali kegiatan bertani mereka.

“Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat mempercepat proses pemulihan pertanian dan meminimalisir dampak ekonomi yang ditimbulkan oleh bencana banjir,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Hairil juga menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat dalam mendukung pemulihan sektor pertanian, serta memastikan ketersediaan pangan bagi masyarakat terjamin.

Pihak Dinas Pertanian Lumajang optimis bahwa dengan langkah-langkah yang telah diambil, sektor pertanian di daerah tersebut akan segera pulih dan kembali berkontribusi secara maksimal bagi kesejahteraan petani serta ketahanan pangan daerah. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan