Kelompok Tani Lumajang Terima Bantuan Pompanisasi untuk Tingkatkan Produktivitas Pertanian
30 April 2024 | Dilihat 537 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam

Sejumlah kelompok tani di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, kini mendapat suntikan semangat baru dengan bantuan sepuluh unit pompanisasi yang disalurkan oleh Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Kementerian Pertanian RI.

Pompanisasi tersebut diserahkan secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lumajang, Agus Triyono dalam acara Kegiatan Antisipasi Darurat Pangan Dengan Program Pompanisasi Lahan Pertanian di Balai Desa Yosowilangun Lor, Selasa (30/4/2024).

Agus Triyono menjelaskan bahwa pompanisasi merupakan program unggulan pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Lumajang. Menurutnya, program tersebut tidak hanya sekadar memberikan bantuan, namun juga memberikan solusi bagi lahan pertanian yang tidak terjangkau oleh sistem irigasi konvensional.

"Bantuan ini menjadi salah satu bentuk tanggapan pemerintah terhadap kesulitan yang dihadapi oleh para petani terkait ketersediaan air irigasi," jelasnya.

Lebih lanjut, program pompanisasi juga dianggap sebagai strategi adaptasi terhadap fenomena El Nino atau kemarau berkepanjangan yang seringkali mengganggu produktivitas pertanian.

Dengan pemberian bantuan tersebut, Agus Triyono berharap agar para kelompok tani dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan penggunaan pompanisasi tersebut. Dengan demikian, diharapkan produktivitas pertanian di Kabupaten Lumajang dapat meningkat secara signifikan.

“Bantuan pompanisasi ini tidak hanya sekadar bantuan materi, tetapi juga merupakan investasi dalam masa depan pertanian di Lumajang. Diharapkan, dengan adanya bantuan ini, sektor pertanian dapat menjadi lebih tangguh dan mandiri dalam menghadapi tantangan masa depan,” harapnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan