Peringatan Hardiknas di Lumajang Jadi Momentum Transformasi Pendidikan yang Lebih Baik
02 Mei 2024 | Dilihat 248 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menjadi teompat bagi Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) untuk menyoroti perkembangan pendidikan yang menginspirasi. Dalam upacara yang diadakan di Alun-Alun Lumajang pada Kamis (2/5/2024), tema "Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar" menjadi landasan untuk refleksi dan langkah-langkah ke depan.

Amanat yang dibacakan oleh Pj. Bupati Lumajang, merujuk pada pesan tertulis dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, menggarisbawahi lima tahun terakhir sebagai waktu yang mengesankan dalam perjalanan pendidikan di Indonesia.

"Gerakan merdeka belajar semakin menyadarkan bahwa tantangan dan kesempatan yang dimiliki dalam memajukan pendidikan Indonesia," ujarnya.

Momentum tersebut juga menandai pembangunan wajah baru pendidikan dan kebudayaan di Indonesia. Anak-anak Indonesia kini berani bermimpi karena merasa merdeka saat belajar di kelas, sementara para guru menerima kepercayaan untuk mengenal dan menilai murid-muridnya dengan lebih baik, menciptakan suasana yang inklusif dan berani mencoba hal-hal baru.

Tidak hanya itu, mahasiswa Lumajang juga diberikan ruang untuk berkarya dan berkontribusi di luar kampus. Hal tersebut menunjukkan pergeseran paradigma dalam proses belajar-mengajar, di mana kreativitas dan inovasi dihargai dan didorong.

Pj. Bupati Lumajang juga menekankan bahwa meskipun telah mengalami kemajuan, tugas untuk melanjutkan perubahan sebagai gerakan yang berkelanjutan belum selesai. Semua upaya yang telah dilakukan harus menjadi landasan bagi perjalanan menuju perwujudan sekolah yang diidamkan oleh masyarakat Lumajang.

Peringatan Hardiknas di Lumajang bukan hanya sekadar upacara formal, tetapi juga momentum untuk merayakan pencapaian, merenungkan tantangan, dan mengilhami langkah-langkah berikutnya dalam memajukan pendidikan di Kabupaten Lumajang. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan