Agar Masyarakat Paham Bagaimana Cara Pengaduan Layanan Publik dengan SP4N Lapor
21 Mei 2024 | Dilihat 474 kali | Penulis Hendri . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lumajang bekerja sama dengan Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur mengadakan acara sosialisasi mengenai platform Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Lapor. Acara tersebut melibatkan berbagai elemen masyarakat, termasuk mahasiswa, penggiat media sosial, dan kelompok informasi masyarakat.

Acara yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai II BPKD Kabupaten Lumajang, Selasa (21/5/2024), bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada peserta tentang penggunaan SP4N Lapor sebagai sarana pengaduan publik yang efektif. Melalui platform tersebut, masyarakat dapat menyampaikan keluhan, aspirasi, dan saran terkait pelayanan publik secara online dan mudah diakses.

Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang, Mustaqim menyampaikan bahwa acara Sosialisasi Pengaduan Publik SP4N Lapor tersebut merupakan langkah strategis untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan dan peningkatan pelayanan publik.

"Kami sangat mengapresiasi kolaborasi dengan Dinas Kominfo Provinsi Jawa Timur serta partisipasi aktif dari mahasiswa, penggiat media sosial, dan kelompok informasi masyarakat. Melalui platform SP4N Lapor, kami berharap masyarakat Lumajang dapat lebih mudah menyampaikan pengaduan dan masukan, sehingga dapat mewujudkan pemerintahan yang lebih transparan, responsif, dan akuntabel," ujarnya.

Mustaqim juga menyampaikan, bahwa Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang berkomitmen untuk terus menyosialisasikan dan memfasilitasi penggunaan platform tersebut demi pelayanan publik yang lebih baik.

Dalam sesi sosialisasi tersebut meliputi penjelasan tentang fungsi dan manfaat SP4N Lapor, cara penggunaan platform, serta demonstrasi langsung pengisian formulir pengaduan. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi mengenai berbagai aspek teknis dan praktis penggunaan SP4N Lapor.

“Dengan adanya sosialisasi ini, Dinas Kominfo Kabupaten Lumajang berharap masyarakat semakin sadar akan pentingnya partisipasi mereka dalam pembangunan daerah serta memanfaatkan teknologi untuk menciptakan pemerintahan yang lebih baik,” harapnya. (Kominfo-lmj/Hend)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan