Pompanisasi Aliran Mata Air Mrutu Jadi Solusi Inovatif Mengatasi Kekurangan Air Areal Persawahan
22 Mei 2024 | Dilihat 459 kali | Penulis Wahyono . Redaktur Anam
Foto : Dok. Pendim 0821-lmj

Dalam upaya meningkatkan produktivitas pertanian dengan memanfaatkan teknologi modern, Danposramil 0821/05 Kedungjajang Peltu Cahyo Purnomo aktif terlibat dalam pendampingan program pembangunan tempat pompanisasi pengairan di Dusun Mrutu, Desa Pandansari Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (21/5/2024).

Saat kegiatan tersebut, Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur Suyanto menjelaskan, bahwa pengecekan dilakukan untuk mengevaluasi potensi sumber air di Dusun Mrutu yang akan dimanfaatkan oleh sistem pompanisasi untuk mengaliri areal persawahan di atas sungai.

"Peninjauan ini bertujuan untuk mengetahui kapasitas aliran mata air mrutu yang akan disedot oleh mesin pompa untuk dialirkan ke areal persawahan seluas kurang lebih 25 hektare. Saat ini, kekurangan air dalam penanaman padi menjadi masalah utama di wilayah tersebut, dan kami yakin bahwa aliran mata air mrutu memiliki potensi yang cukup besar untuk mengatasi hal ini," jelas dia.

Sementara itu, Peltu Cahyo Purnomo menekankan pentingnya dukungan dari seluruh pihak, termasuk anggota kelompok tani, dalam menyukseskan pembangunan proyek irigasi perpompaan ini.

"Kami mengajak seluruh anggota kelompok tani untuk mendukung pembangunan irigasi perpompaan besar di wilayah barat ini agar dapat segera diselesaikan dan membantu menyuplai air ke persawahan yang membutuhkannya. Dengan begitu, diharapkan hasil panen padi dapat maksimal," ujar Pultu Cahyo.

Menurutnya, proyek rencana pembangunan tempat pompanisasi tersebut merupakan langkah modernisasi dalam mengatasi masalah kekurangan air yang sering menghambat pertanian di Kecamatan Kedungjajang.

Dengan adanya program pompanisasi, diharapkan areal persawahan yang kesulitan air dapat teraliri dengan baik, sehingga dapat meningkatkan hasil panen dan kesejahteraan petani setempat.

"TNI senantiasa siap mendukung program-program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program pembangunan irigasi pompanisasi adalah salah satu upaya nyata kami dalam mendukung ketahanan pangan melalui penerapan teknologi modern," pungkasnya. (Pendim 0821/Wy)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan