Sinergi Tangguh Babinsa dan Petani di Lumajang untuk Ketahanan Pangan Lokal
22 Mei 2024 | Dilihat 466 kali | Penulis Wahyono . Redaktur Anam
Foto : Dok. Pendim 0821-lmj

Dalam upaya mendukung ketahanan pangan lokal, TNI Lumajang terjun langsung ke lapangan untuk melaksanakan pendampingan pertanian dan membantu proses panen padi. Kegiatan tersebut berlangsung di lahan seluas satu hektar milik Mursid, anggota kelompok tani Tunas Harapan, yang terletak di Dusun Krajan RT 002 RW 004 Desa Sarikemuning Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (22/5/2024).

Meskipun kegiatan panen masih menggunakan alat-alat manual, semangat para petani tidak berkurang. Babinsa Sarikemuning dari Koramil 0821/03 Senduro Serda Taufiq menegaskan komitmennya untuk terus mendukung para petani agar tetap semangat dalam bertani, meskipun teknologi yang digunakan masih sederhana.

"Meski prosesi panen dengan alat manual, kami akan terus memberikan support agar tidak menyurutkan semangat para petani, dalam mendukung program ketahanan pangan nasional di tingkat lokal lebih meningkat," katanya.

Taufiq juga mengatakan, bahwa keberadaan Babinsa di tengah-tengah petani memiliki peran yang sangat penting dalam mendorong motivasi dan memastikan kelancaran proses panen. TNI tidak hanya membantu secara fisik, tetapi juga memberikan dukungan moral dan saran-saran teknis agar hasil panen dapat optimal.

Sementara itu, Mursid, pemilik lahan yang sedang dipanen menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan yang diberikan oleh Babinsa. Menurutnya, kehadiran Babinsa memberikan dorongan moral yang besar bagi para petani, terutama di saat-saat kritis seperti musim panen.

"Kami sangat berterima kasih atas bantuan dan pendampingan dari Babinsa. Ini sangat membantu kami, terutama dalam menjaga semangat dan fokus kami dalam bertani," ujar Mursid.

Kegiatan pendampingan yang dilakukan merupakan wujud nyata dari sinergi antara TNI dan masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan yang berkelanjutan. (Pendim 0821/Wy)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan