KIM Desa di Lumajang Tautkan SP4N Lapor di Website Resminya untuk Mudahkan Pengaduan Masyarakat
22 Mei 2024 | Dilihat 127 kali | Penulis Hakim . Redaktur Anam

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Tukum Mandiri telah menyatakan kesiapannya untuk mendukung upaya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lumajang guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua KIM Desa Tukum Mandiri, Muhamad Khoirul Anam saat dimintai keterangan di sela kesibukannya, Selasa (21/5/2024) malam.

Khoirul juga menyampaikan, bahwa pada kegiatan sosialisasi yang dihadiri oleh Pengurus KIM Desa Tukum Mandiri di Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) Kabupaten Lumajang, mereka mengulas platform SP4N (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional) Lapor.

"Kehadiran kami pada acara itu bertujuan untuk memahami penggunaan platform pengaduan SP4N Lapor, sehingga kami dapat membantu masyarakat untuk lebih aktif dalam menyampaikan keluhan, aspirasi, dan saran terkait pelayanan publik secara online," ujar dia.

Lebih lanjut, Khoirul menegaskan bahwa salah satu langkah awal yang akan diambil oleh KIM Desa Tukum Mandiri adalah dengan menautkan Platform SP4N Lapor di media publik berupa website resmi yang dikelola oleh KIM Desa Tukum Mandiri.

"Dengan adanya tautan ini, diharapkan masyarakat dapat dengan mudah mengakses platform SP4N Lapor untuk menyampaikan berbagai masukan dan pengalaman terkait dengan pelayanan publik yang mereka terima," tambahnya.

Menurutnya, dukungan yang diberikan KIM Desa kepada Diskominfo Kabupaten Lumajang tersebut merupakan langkah positif dalam mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam proses pengawasan dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Dengan adanya dukungan serta kolaborasi yang kuat antara pemerintah daerah dan kelompok masyarakat seperti KIM, diharapkan akan tercipta sistem yang lebih transparan dan akuntabel dalam pelayanan publik, serta dapat memberikan dampak yang positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Desa Tukum Mandiri dan sekitarnya. (KIM Tukum Mandiri/Hakim)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan