Pemkab Lumajang Beri Perhatian untuk Tuna, Ibu Penderita Kista dengan Anak Celebral Palsy
23 Mei 2024 | Dilihat 326 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam

Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, yang akrab disapa Yuyun, melakukan kunjungan ke kediaman Tuna, seorang wanita 39 tahun yang menderita kista, di Desa Kertowono Kecamatan Gucialit, Kamis (23/5/2024). Kunjungan tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk memastikan akses layanan kesehatan bagi warganya yang membutuhkan.

"Ibunya (Tuna, red) ini sudah lama sebenarnya disarankan ke rumah sakit, namun beliau belum mau karena alasan takut dan biaya. Sekarang, setelah diajak bicara, sudah mau untuk berobat," ungkap Yuyun.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Sosial PPPA dan Dinas Kesehatan P2KB Lumajang telah memberikan bantuan kepada Tuna. Tuna dijadwalkan untuk menjalani pemeriksaan di rumah sakit pada hari Senin mendatang.

"Setelah Bu Kadinkes dan Bu Kadinsos koordinasi dengan Pak Camat dan Pak Inggi, keluarga ini sudah tercover BPJS dan PKH. Kami minta agar ibunya berobat, paling tidak untuk memeriksa kistanya apakah perlu dioperasi. Hari Senin, Tuna akan dibawa ke rumah sakit," jelas Bunda Yuyun.

Namun, penderitaan Tuna tidak hanya terbatas pada penyakit yang dideritanya. Ia juga harus merawat putri tercintanya yang didiagnosa menderita cerebral palsy, sebuah kondisi yang menyebabkan gangguan motorik pada tubuh. Putrinya yang kini berusia 6 tahun membutuhkan bantuan untuk semua aktivitas sehari-hari.

"Bantuan dan pengobatan akan segera disalurkan. Anak ini akan dibantu dengan kursi roda untuk memudahkan ibunya merawatnya. Yang terpenting, ibunya harus sehat dulu karena harus menjaga anaknya," terang dia.

Kunjungan tersebut tidak hanya menunjukkan kepedulian pemerintah terhadap kesehatan warganya, tetapi juga menjadi bukti nyata komitmen Pemkab Lumajang dalam memastikan kesejahteraan dan akses layanan kesehatan yang memadai bagi semua lapisan masyarakat.

Dukungan dan bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban Tuna dan keluarganya, serta memberikan harapan baru untuk masa depan yang lebih baik. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan