Di Tangan Kreatif, Limbah Besi Disulap Jadi Kerajinan Bernilai Ekonomis
24 Mei 2024 | Dilihat 267 kali | Penulis Yongki . Redaktur Ardi

Di tengah maraknya isu lingkungan terkait sampah dan polusi, kreatifitas masyarakat dalam mengolah limbah patut diapresiasi. 

Salah satunya, yang dilakukan oleh Abdul Halim, pria paruh baya asal Dusun Curah Jero Desa Grati Kecamatan Sumbersuko, limbah besi disulap menjadi kerajinan yang bernilai ekonomis. 

"Biasanya beli bahan di Besi Tua, kadang dapat bahannya dari limbah kulkas bekas, nanti kita beli di sana kiloan," kata Abdul Halim saat dikonfirmasi di kediamannya, Jumat (24/5/2024). 

Hanya bermodalkan peralatan sederhana seperti tang, palu dan gunting pelat besi, Abdul Halim memanfaatkan berbagai macam limbah besi, seperti pelat besi dari kulkas bekas dan peralatan elektronik lain diolah menjadi beragam produk kerajinan seperti sekop pasir, sekop sampah, panggangan sate dll.

Abdul Halim juga mengungkapkan, bahwa menjelang Hari Raya Idul Adha, permintaan panggangan sate meningkat. 

"Alhamdulillah menjelang Idul Adha permintaan panggangan sate dari toko cukup banyak, kita setor berapa aja pasti diterima. Tapi karena keterbatasan bahan dan alat produksinya masih belum bisa banyak," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan