Ratusan Anggota PPS di Lumajang Resmi Dilantik
26 Mei 2024 | Dilihat 302 kali | Penulis Ardi . Redaktur Ardi

Sekitar 615 calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kabupaten Lumajang, mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah janji, di gedung Rock Convention Center (RCC) Jalan Lintas Timur (JLT), Minggu (26/5/2024).

Ratusan calon anggota PPS itu, dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lumajang, Yuyun Baharita.

Yuyun mengatakan. bahwa ratusan anggota PPS terlantik tersebut, akan bertugas mengawal kegiatan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di 205 Desa/Kelurahan di Wilayah Kabupaten Lumajang.

"Secara yuridis rohani dan lain sebagainya, kawan-kawan semuanya sudah sah menjadi bagian dari institusi penyelenggaraan Pemilu, tepatnya mengawal kegiatan pemilihan di 205 desa/kelurahan di masing-masing wilayah," ujarnya.

Menurutnya, 615 anggota PPS tersebut, juga telah melintasi berbagai proses tahapan seleksi, seperti seleksi administrasi, wawancara dll.

"Proses ini bukan serta merta sesuatu yang tiba-tiba, tapi kawan-kawan yang bisa duduk disini dan dilantik disini melalui proses yang panjang," jelasnya.

Ia meminta kepada seluruh anggota PPS, khususnya bagi yang baru atau pertama kali menjadi anggota PPS, agar segera beradaptasi sekaligus mencermati dan memahami tugas-tugas yang telah diatur Undang-undang maupun PKPU .

"Jadi pas kegiatan Pilkada tahun 2024 tepatnya di bulan November, jangan sampai masih bertanya. Nah ketika sudah di lantik tentunya adaptasi dan segera menyesuaikan. Maka kalau kita mempunyai kegiatan penyelenggaraan Pemilu dan pemilahan itu sebenarnya sudah enak, karena kita sudah mempunyai kitab yang namanya Undang-undang dan Peraturan KPU, sudah perlekapannya itu," pungkasnya. (Kominfo-lmj/ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan