Pj. Bupati Lumajang Tekankan Pentingnya Gerakan Pramuka dalam Pendidikan Karakter di Tengah Tantangan Globalisasi
27 Mei 2024 | Dilihat 252 kali | Penulis Dika . Redaktur Ardi
Foto : Dok. Kominfo-lmj/Diky

Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) menekankan pentingnya gerakan pramuka sebagai tumpuan utama dalam pendidikan karakter bagi anak-anak dan remaja, khususnya di tengah tantangan globalisasi dan dekadensi moral yang semakin meningkat.

Hal tersebut disampaikannya saat acara pelantikan dirinya sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Lumajang untuk masa bakti 2024-2029, yang bertempat di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang pada Senin (27/5/2024) pagi.

Dalam pidatonya, Yuyun menggarisbawahi peran strategis gerakan pramuka dalam membentuk karakter generasi muda yang kuat dan berintegritas.

"Gerakan pramuka sangatlah penting dan strategis karena menjadi tumpuan utama pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan karakter anak-anak dan remaja, terutama di tengah ancaman globalisasi dan dekadensi moral," ujarnya.

Yuyun juga mengingatkan para camat yang menjabat sebagai ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) untuk terus mendorong dan membantu pengembangan kepramukaan di tingkat kecamatan. 

Menurutnya, dukungan dari tingkat kecamatan sangat krusial dalam memperluas dan memperdalam jangkauan gerakan pramuka di seluruh wilayah Kabupaten Lumajang.

"Kepada para camat dan kepala sekolah, saya harap terus memberikan dukungan dan ruang bagi pramuka untuk berkegiatan dan mendidik anak-anak serta remaja tentang nilai-nilai kepramukaan," katanya.

Dalam kesempatan itu, Pj. Bupati juga menekankan bahwa ruang bagi aktivitas pramuka di sekolah-sekolah merupakan hal esensial dalam mendukung program pendidikan karakter yang komprehensif.

Selain itu, Yuyun juga mengapresiasi kerja keras dan dedikasi pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Lumajang yang telah berhasil mengembangkan gerakan pramuka di daerah tersebut.

Ia berharap, dengan adanya sinergi antara pemerintah, sekolah, dan masyarakat, gerakan pramuka di Lumajang akan semakin berkembang dan mampu memberikan kontribusi nyata dalam pembentukan karakter generasi muda. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan