Kelancaran Pemilu Dipantau Secara Intensif di Kabupaten Lumajang
19 Februari 2024 | Dilihat 186 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj/Dian

Usai berlangsungnya pemungutan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024, Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Agus Triyono bersama Dandim 0821 Lumajang, Letkol Czi Gunawan Indra, beserta Kepala Perangkat Daerah PD terkait, melakukan kegiatan monitoring di beberapa kecamatan di wilayah tersebut, Minggu (18/2/2024).

Kegiatan tersebut diarahkan untuk memastikan kelancaran serta keabsahan proses rekapitulasi penghitungan perolehan suara Pemilu Tahun 2024 di tingkat kecamatan.

Agus Triyono mengatakan, bahwa kegiatan monitoring tersebut merupakan wujud sinergi antara pemerintah dengan TNI-Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilu berlangsung.

"Dengan adanya kegiatan monitoring ini, kami berharap dapat mencegah terjadinya pelanggaran serta memastikan bahwa pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Lumajang dapat berlangsung dengan lancar dan aman," katanya.

Sementara itu, Dandim 0821 Lumajang, Letkol Czi Gunawan Indra, menjelaskan, bahwa monitoring juga berperan dalam menjaga stabilitas dan perdamaian di masyarakat. Dirinya berharap agar suasana kondusif dan harmonis dapat terwujud, serta potensi konflik akibat perbedaan pendapat terkait hasil pemilu dapat diminimalisir.

"Dengan kehadiran kami dalam kegiatan monitoring ini, kami berupaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga sekitar, serta menjamin keamanan selama proses pemungutan suara berlangsung. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya potensi pelanggaran dan mengamankan jalannya proses demokrasi," jelasnya.

Pelaksanaan monitoring dilakukan di beberapa kecamatan di Wilayah Kabupaten Lumajang, termasuk Kecamatan Sumbersuko, Pasirian, Pronojiwo, Kunir, Tekung, dan Klakah.

“Dengan adanya kegiatan monitoring ini, diharapkan proses rekapitulasi dan penghitungan suara Pemilu Tahun 2024 dapat berlangsung dengan transparan, adil, serta tanpa gangguan yang dapat mengancam integritas demokrasi,” harapnya (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan