Pemkab Komitmen Dorong Peningkatan PAD  Pemkab Komitmen Dorong Peningkatan PAD  
28 Februari 2024 | Dilihat 127 kali | Penulis Ardi . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Diskominfo-Lmj

Pemerintah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur berkomitmen terus mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Demikian keterangan yang disampaikan Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun) pada Sosialisasi dan Evaluasi Penerimaan PBB-P2, di Kantor Kecamatan Candipuro, Selasa (27/2/2024).

Yuyun mengungkapkan, bahwa PAD hingga akhir tahun 2023 mencapai senilai Rp341 milyar. Angka ini mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. 

"APBD kita untuk tahun 2024 kita sudah menetapkan anggaran sebesar Rp2,2 triliun, namun PAD kita tahun kemarin tidak mencapai target, tahun kemarin hanya Rp341 milyar, turun dari tahun sebelumnya," ungkapnya. 

Dengan kondisi tersebut, Yuyun mengakui bahwa pemerintah masih bergantung pada dana transfer dari pemerintah pusat. 

"Jadi PAD kita dibanding dengan struktur APBD kita hanya 16 persen, sehingga untuk memenuhi kebutuhan kita dalam struktur penganggaran APBD, kita masih bergantung dari dana transfer," jelasnya. 

Untuk mengurangi ketergantungan dari dana transfer, pemerintah tengah mengoptimalkan penerimaan pajak daerah, khususnya dari Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2). 

Menurutnya, Pajak Daerah menjadi penyumbang terbesar Pendapatan Asli Daerah. 

"Untuk PAD dari Pajak yang tertinggi baru dari PJU, setelah itu BPHTB, Minerba, baru PBB-P2," jelasnya. 

Namun demikian, penerimaan PBB-P2 dan minerba di tahun 2023 dinyatakan masih belum mencapai target. Itu sebabnya, Yuyun mengajak, agar seluruh camat dan kepala desa yang hadir, dapat membantu mengoptimalkan penerimaan PBB-P2 dimasing-masing wilayahnya. 

"Mari kita bersama-sama untuk bisa bagaimana kita bisa mandiri dari struktur anggaran, salah satunya bagaimana dibantu oleh bapak/ibu untuk pelunasan PBB," pungkasnya. (kominfo-lmj/ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan