Pemkab Lumajang Berikan Vaksin LSD Pada Sapi di Kecamatan Tempursari
29 Februari 2024 | Dilihat 191 kali | Penulis Fadly . Redaktur Fadly
Foto : Dok. Diskominfo-Lmj

Berkembangnya wabah penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) atau yang dikenal masyarakat dengan sebutan penyakit Lato-lato di sebagian wilayah Kabupaten Lumajang telah menjadi perhatian pemerintah teruma Indah Wahyuni selaku Pj. Bupati Lumajang.

Penyakit infeksi kulit ini merupakan penyakit yang hanya menyerang hewan ternak sapi dan kerbau.

Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian telah mengambi langkah untuk pemberian vaksin kepada sapi dan kerbau milik peternak.

"Di Lumajang memang terjadi wabah penyakit ternak sapi LSD nanti akan melakukan vaksinasi pada hewan ternak," ujar Pj. Bupati Lumajang saat memberikan vaksin pada ternak sapi di rumah peternak di Desa Purworejo, Kecamatan Tempursari, Rabu (28/2/2024).

Kegiatan pemberian vaksin pada ternak sapi dengan cara jemput bola tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah mencegah mewabahnya penyakit LSD di wilayah Tempursari.

"Dengan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat semoga ini bermanfaat," imbuhnya.

Selain pemberian vaksin, Pj. Bupati Lumajang juga memberikan bantuan vitamin kepada hewan ternak dan para petugas peternakan juga memberikan pelayanan kesehatan secara gratis.

Yuyun sapaan akrab Pj. Bupati Lumajang, pun telah mengimbau masyarakat utamanya para peternak sapi atau kerbau untuk mendaftarkan hewan ternak kepada puskeswan setempat untuk mendapatkan vaksin penyakit LSD. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan