Pemkab Lumajang Salurkan Bantuan Kursi Roda bagi Penyandang Disabilitas dan Lansia
29 Februari 2024 | Dilihat 132 kali | Penulis Fransisca . Redaktur Anam

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang terus mengemban tanggung jawabnya untuk memastikan hak-hak penyandang disabilitas terpenuhi sesuai amanah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016.

Dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan pemberdayaan ekonomi mereka, Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menggelar acara penyerahan bantuan sosial berupa kursi roda bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia (lansia).

Acara tersebut berlangsung di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Kamis (29/2/2024). Sebanyak 150 unit kursi roda diserahkan kepada para penyandang disabilitas dan lansia dari berbagai kecamatan di Kabupaten Lumajang. Dalam upaya memudahkan akses, penerima bantuan berasal dari kecamatan terdekat.

"Pemberian kursi roda ini adalah langkah nyata kami dalam memberikan ruang bagi penyandang disabilitas dan lansia untuk dapat mandiri dalam beraktivitas sehari-hari," ungkap Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni (Yuyun)

Adapun rincian penerima bantuan dari masing-masing kecamatan adalah sebagai berikut, Lumajang (16 item), Sukodono (2 item), Padang (17 item), Kedungjajang (4 item), Jatiroto (12 item), Tekung (15 item), Sumbersuko (2 item), Kunir (9 item), dan Tempeh (6 item). Sementara, untuk kecamatan lainnya, kursi roda akan didistribusikan langsung oleh Dinas Sosial P3A ke masing-masing kecamatan.

Selain bantuan kursi roda, Pemerintah Kabupaten Lumajang juga berencana memberikan bantuan lain berupa alat bantu bagi penyandang disabilitas yang masih dalam proses pendataan. Selain itu, untuk pemberdayaan ekonomi, mereka juga akan diberikan pelatihan, seperti keterampilan menjahit dan melukis, agar dapat memiliki kemandirian ekonomi.

"Pemkab Lumajang berharap bantuan ini dapat membantu para penyandang disabilitas dan lansia dalam kehidupan sehari-hari mereka," tambah Pj. Bupati.

Pj. Bupati juga mengajak para pendamping penyandang disabilitas dan lansia untuk lebih sabar dan penuh perhatian serta kasih sayang dalam merawat mereka.

“Semoga bantuan sosial yang diberikan dapat memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan mereka,” harapnya. (Kominfo-lmj/Fb)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan