Imbauan bagi Masyarakat Lumajang untuk Waspadai Potensi Pohon Tumbang Akibat Cuaca Ekstrem
10 Maret 2024 | Dilihat 247 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. BPBD-lmj

Dampak buruk dari cuaca ekstrem kembali dirasakan warga Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pohon Trembesi dengan diameter mencapai 70 cm roboh akibat diterpa hujan disertai angin kencang di Jalan Nasional Dusun Wetan Sepuran RT 13 RW 05 Desa Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang, Sabtu (9/3/2024) malam kemarin. Kejadian tersebut menimbulkan dampak signifikan bagi akses lalu lintas dan keselamatan masyarakat sekitar.

Menurut, Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Nur Cahyo, bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga deras yang melanda beberapa wilayah termasuk Kecamatan Kedungjajang menjadi pemicu tumbangnya pohon tersebut.

Pohon dengan diameter mencapai 70 cm dan panjang 20 meter menutup akses lalu lintas roda 2 maupun roda 4 di Jalan Nasional Lumajang-Jember selama kurang lebih satu jam.

"Tumbangnya pohon Trembesi ini disebabkan oleh faktor usia dan bagian bawah yang sudah lapuk," ujarnya.

Akibatnya, terjadi kemacetan lalu lintas selama sekitar satu jam dengan panjang mencapai 3 km karena padatnya pengguna jalan. Polantas Polres Lumajang turut mengatur lalu lintas untuk mengurangi dampak kemacetan.

Imbauan pun disampaikan oleh Nur Cahyo kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang masih berpotensi terjadi dalam sepekan ke depan, berdasarkan informasi dari citra radar cuaca BMKG. Masyarakat diminta untuk tidak berkendara saat terjadi hujan guna menghindari potensi kecelakaan.

Sementara itu, Koordinator Lapangan Penghijauan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lumajang, Bambang menyatakan bahwa dalam beberapa hari terakhir, sering terjadi laporan pohon tumbang di berbagai wilayah. Timnya bersama dengan instansi terkait akan terus melakukan pemantauan terhadap pohon-pohon yang berpotensi roboh.

"Kami akan tetap siaga, bersama dengan jajaran BPBD, Dishub, Satlantas, Dinas PU, dan relawan lainnya," tegasnya.

Kejadian tersebut menjadi pengingat akan pentingnya pemeliharaan dan pengawasan terhadap pohon-pohon di wilayah Kabupaten Lumajang, serta kerjasama antarinstansi untuk mengurangi risiko terjadinya kejadian serupa di masa mendatang.

“Diharapkan kesadaran dan kerjasama masyarakat akan membantu mencegah kejadian serupa di masa yang akan datang,” harapnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan