Batasi Pembelian Beras di Operasi Pasar Murah Lumajang Demi Keseimbangan Harga
16 Maret 2024 | Dilihat 645 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam

Operasi pasar murah yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menjadi solusi terbaik bagi masyarakat untuk memperoleh bahan pangan dengan harga terjangkau.

Dalam rangka kegiatan tersebut, telah disiapkan pasokan sebanyak 5 ton beras, 1 ton gula pasir, dan 600 liter minyak goreng.

Saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Sabtu (16/3/2024), Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Lumajang, Muhammad Ridha, menjelaskan bahwa ada pembatasan jumlah pembelian untuk memastikan semua masyarakat mendapat bagian yang adil.

"Untuk beras, pembelian dibatasi maksimal 10 kg per orang, sedangkan untuk gula pasir dan minyak goreng masing-masing 2 kg dan 2 liter per orang," jelasnya.

Menurut Ridha, pembatasan tersebut diterapkan untuk menghindari pembelian berulang serta memastikan keadilan distribusi kepada seluruh masyarakat.

"Kami meminta masyarakat untuk menunjukkan kesadaran dengan membatasi pembelian, dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan, seperti tinta jari seperti pada pemilihan umum sebelumnya," terang dia.

Operasi pasar murah tersebut akan dilakukan di delapan kecamatan di Kabupaten Lumajang, dimulai dari Kecamatan Tempeh dan berlanjut ke wilayah lainnya sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Ini adalah upaya awal kami dalam menyelenggarakan operasi pasar, namun kami akan melaksanakannya secara berkala di berbagai daerah. Hal ini sebagai wujud komitmen kami untuk menjaga keterjangkauan harga bahan pangan bagi masyarakat," tegas Ridha.

Dengan demikian, diharapkan operasi pasar murah tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat Lumajang, terutama dalam menjaga stabilitas harga pangan dan memastikan ketersediaannya di pasaran. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan