Keamanan Masa Libur Lebaran, Jalur Kereta Api Tanpa Palang Pintu Mendapat Penjagaan Khusus
01 April 2024 | Dilihat 654 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Dishub-lmj

Menjelang masa libur lebaran dan arus mudik-balik tahun 2024, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mengambil langkah proaktif untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan mobilitas masyarakat. Dalam upaya tersebut, sejumlah perlintasan kereta api sebidang tanpa palang pintu di daerah tersebut akan mendapatkan penjagaan khusus.

Saat dimintai keterangan di sela kegiatannya, Senin (1/4/2024), Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang Nugraha Yudha Murdiarto, menegaskan komitmen pihaknya untuk melindungi warga dari potensi risiko di perlintasan kereta api sebidang yang tersebar di Kecamatan Jatiroto, Randuagung, Klakah, dan Ranuyoso.

"Saat ini masih banyak perlintasan tanpa palang pintu. Kami berupaya keras untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan mobilitas masyarakat," tegas dia.

Selama periode libur lebaran, Dinas Perhubungan bekerja sama dengan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) akan meningkatkan pengawasan di titik-titik rawan kecelakaan. Petugas akan ditempatkan di perlintasan kereta api sebidang yang sering dilalui oleh masyarakat.

"Kami akan menempatkan petugas di perlintasan yang tidak dilengkapi palang pintu, terutama di lokasi-lokasi dengan tingkat lalu lintas yang tinggi. Kerja sama dengan PT. KAI juga menjadi fokus kami dalam memastikan keamanan di jalur kereta ini," ujarnya.

Upaya tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya serius Kabupaten Lumajang untuk mencapai nol kecelakaan di jalur kereta api, memberikan rasa aman bagi masyarakat yang sedang melakukan perjalanan selama masa libur lebaran.

"Kami memahami pentingnya keselamatan dalam mobilitas, terutama di musim liburan seperti ini. Dengan kerja sama antara pemerintah daerah dan PT. KAI, kami yakin dapat mencapai target zero accident dan memberikan pengalaman perjalanan yang aman bagi semua," katanya.

Langkah-langkah tersebut diharapkan tidak hanya meminimalkan risiko kecelakaan, tetapi juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan di perlintasan kereta api sebidang, membawa Kabupaten Lumajang menuju standar keselamatan transportasi yang lebih tinggi. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan