Pemuda Dusun Desa Sentul Teladan Generasi Muda yang Menginspirasi Arti Keikhlasan dan Solidaritas
02 April 2024 | Dilihat 855 kali | Penulis Alvin . Redaktur Anam
Foto : Dok. KIM Mayapada-lmj

Suasana lebaran semakin terasa di Dusun Wangkit Desa Sentul Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dengan semangat berbagi yang menghangatkan hati. Berbicara soal takjil, lima pemuda dari dusun tersebut, yakni Budi, Alfin, Malik, Abdul, dan Dimas, telah menunjukkan bahwa semangat kemanusiaan masih berkobar di tengah-tengah modernitas zaman ini.

Dengan niat baik dan tekad yang kuat, mereka membagikan ratusan porsi takjil di tepi Jalan Mahameru menjelang waktu berbuka. Takjil tersebut didanai dari hasil iuran mereka sendiri, karena bagi mereka, berbagi adalah pilihan yang terhormat, bukan sekadar kesempatan. Mereka percaya bahwa kekayaan bukanlah syarat untuk berbagi, melainkan niat yang tulus dan kemampuan untuk memberi kepada sesama.

Saat dimintai keterangan di sela kesibukannya, Senin (1/4/2024), Pengurus KIM Mayapada Desa Sentul Mauludin mengungkapkan, bahwa keberanian dan semangat lima pemuda tersebut mendapat dukungan luar biasa dari Haryanto, yang merupakan pemilik Pabrik UD. Sumber Rezeki, tempat mereka bekerja. Dukungan berupa bantuan dana dari beliau membuat jumlah takjil yang dibagikan bertambah, yang awalnya menyediakan 600 porsi menjadi 900 porsi.

“Pembagian takjil gratis ini tak hanya menjadi peristiwa rutin, namun juga menghadirkan keceriaan dan kemeriahan. Grup kesenian Bantengan Mahesa Lawung dan Sound System ALJ Audio turut memeriahkan kegiatan itu, dan masyarakat setempat pun terpesona dengan tampilan bantengan yang diiringi dengan musik viral terbaru yang menjadi tren saat ini,” ungkap dia.

Sementara, Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Desa Sentul, Hary menyampaikan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi nilai gotong royong warganya, karena persiapan pembagian takjil gratis ini juga melibatkan partisipasi warga sekitar, menunjukkan bahwa semangat berbagi merupakan kerja sama yang melibatkan seluruh komunitas. Pukul 16.30 WIB, takjil dibagikan dengan bantuan pemuda-pemuda lainnya yang turut serta dalam aksi mulia ini.

“Melalui semangat dan tindakan nyata lima pemuda dari Dusun Wangkit, kita semua dapat mengambil pelajaran berharga tentang keikhlasan, solidaritas, dan pentingnya berbagi dalam mewujudkan kebahagiaan bersama. Semoga semangat mereka menjadi inspirasi bagi kita semua untuk selalu berbuat kebaikan dengan niat yang tulus. Aamiin,” ujarnya. (KIM Mayapada/Alvin)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan