Pondok Ramadan Memperkaya Jiwa Anak dengan Nilai-nilai Agama Sejak Dini
02 April 2024 | Dilihat 1190 kali | Penulis Hary . Redaktur Anam
Foto : Dok. KIM Mayapada-lmj

Bulan Suci Ramadan tidak hanya menjadi momen beribadah bagi umat Islam, tetapi juga menjadi waktu yang berharga untuk mendidik anak-anak tentang nilai-nilai keagamaan.

Memanfaatkan momentum bulan Ramadan, TK Dharma Wanita Sentul 1 dan KB Tunas Bangsa Desa Sentul Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menggelar kegiatan Pondok Ramadan, dengan tema ‘Ramadan Ceria’ yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai agama pada anak usia dini.

Saat dimintai keterangan di sela kesibukannya, Selasa (2/4/2024), TK Dharma Wanita Sentul 1 Umi Nazila menerangkan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, dimulai 1 – 2 April 2024 yang bertempat di Masjid Darussalam Desa Sentul tersebut memberikan kesempatan bagi para peserta didik untuk memahami dan melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim/muslimah dengan baik dan benar.

“Salah satu aspek yang ditekankan adalah belajar wudu, salat fardhu, dan salat sunah, serta melakukan murajaah Qur.’an dengan surat-surat pendek,” terang dia.

Selain itu, kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan lomba-lomba yang mengedukasi, seperti lomba memasang sarung untuk anak laki-laki dan memasang mukena untuk anak perempuan.

“Lomba membuat kartu ucapan dan lampion hari raya juga menjadi bagian dari kegiatan ini, dengan harapan agar anak-anak dapat merasakan kebahagiaan dalam menyambut bulan Ramadan dan mengerti makna kewajiban serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan di bulan puasa dan hari raya,” ungkapnya.

Sementara itu, KB Tunas Bangsa Desa Sentul Faridaningsih menyampaikan, bahwa tujuan utama dari ‘Ramadan Ceria’ adalah untuk memupuk rasa tanggung jawab pada anak-anak sebagai seorang muslim/muslimah, serta membantu mereka merefleksikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak dapat tumbuh dengan pemahaman yang kuat tentang ajaran Islam dan menjadi generasi yang taat beragama,” harapnya.

Dengan demikian, kegiatan Pondok Ramadan ‘Ramadan Ceria’ tidak hanya menjadi sarana pembelajaran agama, tetapi juga menjadi wahana untuk menyemai kebahagiaan dan keceriaan dalam menjalani ibadah Ramadan bagi anak-anak usia dini. (KIM Mayapada/Hary)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan