Posyandu Jadi Pilar Penting untuk Kesehatan Anak
02 April 2024 | Dilihat 533 kali | Penulis Anton . Redaktur Anam

Kader Posyandu Desa Ranubedali Kecamatan Ranuyoso Kabupaten Lumajang, Jawa Timur terus memperjuangkan kesehatan anak-anak dengan menggelar Posyandu Balita setiap bulan sekali.

Kegiatan terbaru dilaksanakan pada Selasa (2/4/2024), menandakan komitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi balita di wilayah Desa Ranubedali, khususnya di Krajan II.

“Posyandu ini menjadi wadah bagi para ibu yang membawa anak-anak balita berusia di bawah lima tahun untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Di sini, kami (bidan dan perawat desa, red) akan melakukan pemeriksaan kesehatan pada anak-anak, serta memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu tentang cara merawat anak agar tetap sehat dan terhindar dari stunting,” kata Bidan Desa Ranubedali, Reti Agung S.

Ia juga mengatakan, bahwa kegiatan Posyandu Balita Bedali Indah II di dusun Krajan II Desa Ranubedali kali ini, sebanyak 32 anak balita menjalani pemeriksaan kesehatan. Hasilnya menunjukkan bahwa semua anak dalam kondisi sehat. Meskipun demikian, beberapa anak membutuhkan perhatian khusus, seperti anak-anak dengan masalah gizi dan gangguan perkembangan.

Menurut Reti Agung, posyandu memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kesehatan anak balita dan mencegah stunting di Desa Ranubedali.

"Posyandu ini merupakan salah satu upaya dinas kesehatan untuk meningkatkan kesehatan anak balita," ujarnya.

Reti Agung juga menegaskan bahwa posyandu tersebut rutin digelar setiap bulan sebagai bentuk pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak balita, serta memberikan penyuluhan kesehatan kepada ibu-ibu, terutama ibu-ibu hamil.

Sementara itu, salah satu orang tua balita, Anfa Aulia mengungkapkan bahwa posyandu sangat bermanfaat bagi anak-anaknya.

"Posyandu ini sangat bermanfaat bagi anak-anak saya, karena dengan begitu kesehatan maupun tumbuh kembangnya bisa terpantau dengan baik," katanya.

Dengan semangat dan komitmen dari para kader Posyandu dan dukungan dari seluruh masyarakat, diharapkan bahwa Posyandu akan terus menjadi pilar penting dalam menjaga kesehatan anak-anak dan meningkatkan kualitas hidup mereka di Desa Ranubedali. (KIM Ranubedali/Anton)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan