Kades Tukum Lumajang Bagikan Tips Agar Rumah Aman Saat Mudik Lebaran
04 April 2024 | Dilihat 625 kali | Penulis Rul . Redaktur Anam

Kepala Desa Tukum yang akrab disapa Cak Santo memberikan imbauan penting kepada warga yang hendak melakukan mudik ke kampung halaman dalam rangka menyambut Hari Raya Idulfitri tahun 1445 Hijriyah. Imbauan tersebut disampaikan sebagai upaya untuk memastikan keselamatan dan keamanan rumah warga selama perayaan Lebaran.

Imbauan tersebut terdiri dari beberapa poin penting yang perlu diperhatikan oleh warga sebelum meninggalkan rumah mereka. Pertama, Cak Santo menekankan pentingnya memastikan bahwa semua peralatan rumah tangga yang berpotensi menjadi sumber bahaya seperti kompor dan kran air sudah dimatikan sepenuhnya. Langkah tersebut diambil untuk mencegah terjadinya kebakaran atau kebocoran air yang dapat menyebabkan kerugian yang tidak diinginkan bagi keluarga yang sedang dalam perjalanan.

Selain itu, imbauan kedua yang disampaikan adalah tentang penitipan hewan piaraan kepada teman atau tetangga terdekat. Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan bahwa hewan piaraan tidak mengalami kelaparan atau kesulitan selama pemiliknya pergi mudik.

“Langkah ini juga akan membantu mengurangi potensi gangguan atau kecelakaan yang disebabkan oleh hewan yang dibiarkan tanpa pengawasan,” ujar Cak Santo saat dimintai keterangan di sela kesibukannya, Kamis (4/4/2024).

Terakhir, Cak Santo juga menyarankan kepada warga untuk menggunakan jasa keamanan rumah atau berkoordinasi dengan Ketua RT setempat. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan rumah selama pemiliknya tidak berada di tempat.

“Dengan adanya bantuan dari pihak keamanan atau Ketua RT, diharapkan rumah-rumah warga dapat terjaga dari tindakan kriminal atau peristiwa yang tidak diinginkan selama masa mudik,” harapnya.

Cak Santo juga berharap dengan memperhatikan imbauan tersebut, warga yang melakukan mudik dapat lebih tenang dan fokus dalam perjalanan mereka. Selain itu, dia juga menyampaikan harapan agar mudik dan perayaan Lebaran tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan menyenangkan bagi semua warga.

Di akhir pesan, Cak Santo juga menyampaikan ucapan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun 1445 Hijriyah dan memohon maaf lahir dan batin kepada semua warga. Semoga perayaan kali ini membawa kedamaian, kebahagiaan, dan berkah bagi seluruh masyarakat Desa Tukum dan sekitarnya. (KIM Tukum Mandiri/Rul)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan