Pemkab Lumajang Ajak Masyarakat Bersama-sama Jaga Kebersihan Selama Mudik Lebaran
07 April 2024 | Dilihat 218 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. DLH-lmj

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang tidak hanya menangani arus mudik Lebaran dengan menyediakan fasilitas transportasi yang memadai, tetapi juga mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan selama masa liburan.

Arus mudik yang diprediksi meningkat dari tahun sebelumnya di Jawa Timur, termasuk di Kabupaten Lumajang, mengharuskan peran aktif dari semua pihak untuk meminimalisir dampak negatif, khususnya masalah sampah.

Saat dimintai keterangan di sela kesibukannya, Minggu (7/4/2024), Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang Hertutik, menegaskan pentingnya kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah dengan baik.

Melalui imbauan tersebut, masyarakat diingatkan untuk membawa wadah atau alat makan yang bisa digunakan kembali, serta memilah sampah sesuai dengan tempatnya. Selain itu, menghindari penggunaan kantong plastik dan membawa makanan secara berlebihan juga merupakan langkah konkrit yang diharapkan dapat mengurangi volume sampah yang dihasilkan.

Dalam upaya mengatasi tantangan pengelolaan sampah selama liburan, Dinas Lingkungan Hidup Lumajang telah menyiagakan 12 armada truk pengangkut sampah yang tetap beroperasi tanpa libur. Hal tersebut menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam menjaga kebersihan lingkungan bahkan di tengah situasi libur panjang.

Tidak hanya itu, koordinasi antarinstansi juga telah dilakukan untuk memastikan ketersediaan fasilitas tempat sampah dan penunjang kebersihan di lokasi-lokasi strategis seperti wisata, pasar, dan terminal.

Dengan adanya sinergi antarinstansi seperti Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, serta Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan, diharapkan pengelolaan sampah dapat dilakukan secara efektif sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Pemkab Lumajang telah menyiapkan langkah-langkah konkret untuk mengatasi masalah sampah selama musim mudik Lebaran, mulai dari pengadaan fasilitas tempat sampah hingga mobilisasi tim penanganan darurat jika diperlukan," kata Agung Kuncoro Wicaksono, Kepala Bidang PSLB3 DLH Lumajang.

Dengan demikian, upaya bersama antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan selama masa mudik Lebaran akan menjadi cerminan dari komitmen bersama untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman bagi semua. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan