Info Mudik Lumajang, Pemudik Lancar, Mobilitas Bus dan Kereta Api Tetap Aman
15 April 2024 | Dilihat 605 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam
Foto : Dok. Dishub-lmj

Dalam periode 4 - 12 April 2024, Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang secara cermat memonitor dan menganalisis mobilitas pemudik yang datang dan berangkat dari wilayah Lumajang. Data yang dikumpulkan dari Terminal Minak Koncar (TMK) Wonorejo dan Stasiun Kereta Api Klakah menggambarkan gambaran positif tentang kelancaran arus transportasi selama musim mudik.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang Nugraha Yudha Murdiarto dalam keterangannya Minggu (14/4/2024), disebutkan bahwa secara umum semua berjalan lancar, tidak ada masalah. Pihaknya sudah mencatat penumpang turun dan naik untuk armada bus di Terminal Minak Koncar Wonorejo.

Yudha juga memberikan rincian bahwa total ketersediaan armada bus mencapai 2.248 unit, sedangkan layanan kereta api menyediakan 16 unit, setara dengan 32 perjalanan pulang-pergi.

“Data yang dirilis menunjukkan bahwa sebanyak 5.835 penumpang turun di Terminal Minak Koncar Wonorejo, sementara jumlah penumpang naik mencapai 35.697 orang,” terang dia.

Yudha juga menjelaskan bahwa jumlah penumpang turun mencerminkan data yang tercatat secara riil di TMK, sementara jumlah penumpang naik mencakup akumulasi penumpang yang tidak turun di TMK dan penumpang yang hanya melintas.

Sementara, Stasiun Klakah mencatat 1.098 penumpang turun dan 2.417 penumpang naik selama periode yang sama.

"Mendasari jumlah ketersediaan layanan dengan jumlah trainset dan mengingat ada perbedaan pola antara bus dan kereta api, maka untuk layanan armada masih dapat dikategorikan aman dalam memberikan layanan," imbuh dia.

Dengan demikian, hasil pengamatan dan analisis Dinas Perhubungan Lumajang menegaskan bahwa mobilitas pemudik dalam periode tersebut berjalan dengan lancar dan layanan transportasi bus dan kereta api tetap dalam kondisi yang aman dan terjamin. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan