Dapur Umum Jadi Pilar Kebutuhan Dasar untuk Masyarakat Terdampak Bencana
20 April 2024 | Dilihat 289 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam

Dalam menghadapi dampak dari bencana banjir lahar dingin yang melanda, Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) menegaskan pentingnya fasilitas dapur umum bagi warga yang terkena dampak.

“Dalam kondisi darurat seperti ini, makanan menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dengan segera. Melalui fasilitas dapur umum, masyarakat terdampak dapat memperoleh akses kepada makanan yang aman dan bergizi, serta mengurangi beban yang mereka hadapi dalam masa sulit ini,” ujar dia saat meninjau Dapur Umum di kantor Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kabupaten Lumajang, Jumat (19/4/2024).

Yuyun juga menekankan bahwa keberadaan fasilitas dapur umum tidak hanya memberikan dampak positif secara fisik, tetapi juga memberikan dukungan emosional dan mental bagi warga yang terdampak. Akses kepada makanan yang memadai dapat membantu mereka merasa lebih terbantu dan didukung dalam menghadapi situasi darurat ini.

Selain menjadi tempat bagi relawan dan tim bantuan untuk memberikan bantuan langsung kepada masyarakat yang membutuhkan, fasilitas dapur umum juga menjadi pusat koordinasi untuk memastikan distribusi makanan yang merata dan efisien kepada seluruh korban bencana.

Sementara itu, Kalaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Patria Dwi Hastiadi mengungkapkan, bahwa sebagai upaya penanganan bencana, Pemkab Lumajang telah merespons cepat dengan menyediakan dapur umum dan penyediaan kebutuhan logistik bagi masyarakat yang terdampak banjir.

"Dibeberapa titik yang memerlukan bantuan sudah kita lakukan, yang pertama teman-teman pengungsian kita kondisikan, kemudian dapur umum, penyediaan kebutuhan logistik bagi masyarakat terdampak juga kita siapkan," ungkap dia. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan