Rencana Tindak Lanjut, Pj. Bupati Lumajang Akan Normalisasi Sungai Curah Menjangan untuk Cegah Banjir
20 April 2024 | Dilihat 330 kali | Penulis Juna . Redaktur Anam

Dalam upaya mencegah dan menanggulangi banjir yang kerap melanda wilayah Dusun Krajan 2 Desa Kutorenon Kecamatan Sukodono, Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) menegaskan komitmennya untuk segera menormalisasi Sungai Curah Menjangan.

Langkah tersebut diambil untuk mengatasi masalah banjir yang menjadi ancaman berulang setiap musim penghujan, serta sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap keselamatan dan kesejahteraan masyarakat.

"Pemerintah Daerah akan segera menormalisasi Sungai Curah Menjangan di Desa Kutorenon karena menjadi faktor utama terjadinya banjir," ungkap Yuyun saat melakukan kunjungan di lokasi banjir di Desa Kutorenon, Jumat (19/4/2024).

Yuyun juga mengungkapkan bahwa normalisasi Sungai Curah Menjangan akan melibatkan koordinasi dan kerja sama yang erat dengan berbagai pihak terkait. Proyek normalisasi tersebut direncanakan akan dilaksanakan sepanjang 1 kilometer, meliputi wilayah Desa Kutorenon dan Desa Dawuhan Lor.

"Dalam upaya menormalisasi Sungai Curah Menjangan, kami mengharapkan kerja sama dan koordinasi yang baik agar penanganan banjir dapat berjalan lancar," harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Kutorenon Faisal Rizal memberikan apresiasi atas langkah proaktif yang akan dilaksanakan oleh Pj. Bupati Lumajang dalam menangani bencana banjir yang sering melanda wilayahnya.

"Kami menyampaikan rasa terima kasih pada Pj. Lumajang, Ibu Yuyun, yang telah turun langsung ke lokasi banjir di desa kami untuk berdiskusi dan mencari solusi terbaik dalam penanganan bencana ini," ujarnya.

Dirinya berharap agar upaya menormalisasi Sungai Curah Menjangan segera dilaksanakan sehingga dapat mengurangi dampak buruk banjir bagi masyarakat Desa Kutorenon. Normalisasi tersebut diharapkan dapat memberikan rasa aman dan ketenangan bagi warga dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

"Kami, sebagai Pemerintah Desa Kutorenon, berharap agar upaya normalisasi Sungai Curah Menjangan segera direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten dan Provinsi agar warga kami dapat terhindar dari ancaman banjir," harapnya. (KIM Kutorenon/Juna)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan