Kurangi Risiko Kebakaran, Pemkab Lumajang Segera Perbaiki Standar Instalasi Listrik di Pasar Yosowilangun
22 April 2024 | Dilihat 267 kali | Penulis Fadly . Redaktur Anam

Setelah kebakaran yang terjadi di Pasar Yosowilangun beberapa waktu lalu, Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) melakukan kunjungan untuk mengevaluasi penyebab dan menemukan banyaknya instalasi jaringan listrik yang tidak memenuhi standar keamanan.

Dengan adanya dugaan bahwa konsleting listrik menjadi salah satu penyebab kebakaran, langkah tegas pun diambil untuk mencegah terjadinya peristiwa serupa di masa yang akan datang.

"Kami akan melakukan rehabilitasi terhadap instalasi listrik yang ada di pasar ini. Kami akan memastikan bahwa setiap kabel listrik dan instalasi lainnya memenuhi standar keamanan yang ditetapkan," ungkap Yuyun.

Dalam upaya pencegahan ini, Pj. Bupati Lumajang juga meminta kerja sama dari para pedagang untuk merapikan kembali instalasi listrik di lapak mereka agar sesuai dengan standar keamanan yang telah ditetapkan. Hal tersebut diharapkan dapat mengurangi risiko kebakaran yang disebabkan oleh konsleting listrik di masa mendatang.

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun kerugian yang harus ditanggung oleh para pedagang mencapai puluhan juta rupiah. Selain kerugian materiil berupa barang dagangan dan kerusakan bangunan, salah satu korban juga mengalami kerugian akibat rusaknya sepeda motor yang digunakan untuk beraktivitas sehari-hari.

Dirinya berharap, dengan langkah proaktif yang akan dilakukan nanti, diharapkan keamanan dan keselamatan para pedagang serta pengunjung pasar dapat terjamin.

“Semoga dengan perbaikan instalasi listrik ini, Pasar Yosowilangun dapat menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat Lumajang,” harapnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan