Pelajar di Desa Tukum Belajar Bersosialisasi dan Mengenal Lembaga Pemerintahan dan Kemasyarakatan
23 April 2024 | Dilihat 986 kali | Penulis Rul . Redaktur Anam

Guru dan siswa putra kelas 7-8 dari SMPIT Ar Rahmah Ar Rohmah Desa Tukum Kecamatan Tekung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menyelenggarakan acara silaturahmi dan halal bihalal di Kantor Pemerintahan di Desa Tukum dan RT terdekat, sebagai bagian dari kegiatan sosialisasi dan pengenalan lembaga di lingkungan sekitar.

“Acara ini bertujuan untuk merayakan perayaan Idulfitri dengan saling bermaaf-maafan serta bersilaturahmi dengan warga sekitar, termasuk pihak Balai Desa dan RT. Kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai pendidikan bagi siswa untuk bersosialisasi dengan masyarakat sekitar dan mengenal lembaga pemerintahan di desa mereka,” kata Kepala SMPIT Ar Rahmah Ar Rohmah Ulil Albab saat dimintai keterangan melalui pesan singkatnya, Selasa (23/4/2024).

Dirinya juga menekankan pentingnya mempererat tali silaturahmi dan meningkatkan hubungan antara lembaga pendidikan dan pemerintahan di lingkungan desa.

Selanjutnya, Kepala Desa Tukum juga memberikan sambutan yang sejalan dengan tujuan acara tersebut, dan menjelaskan pentingnya saling mengenal dan bekerja sama di antara seluruh warga masyarakat desa.

Lanjut dia, acara silaturahmi dan halal bihalal tersebut diharapkan dapat membantu mendidik anak-anak untuk lebih bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan memahami peran serta lembaga pemerintahan dalam kehidupan masyarakat.

Hal tersebut juga diharapkan dapat mempererat hubungan antara lembaga pendidikan dengan lembaga pemerintahan serta masyarakat desa secara keseluruhan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya pembelajaran di luar ruangan yang bermanfaat bagi siswa dalam memahami kehidupan sosial dan tata kelola pemerintahan di desa mereka,” ungkapnya.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan prosesi bersalaman dan memaafkan antara siswa, guru, serta pihak Balai Desa dan RT. Meskipun acara berlangsung, kegiatan pelayanan di Balai Desa tetap berjalan seperti biasa karena staf pelayanan tetap bertugas melayani kebutuhan warga. (KIM Tukum Mandiri/Rul)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan