Normalisasi Sungai Curah Menjangan, Langkah Bersama Tanggulangi Banjir di Desa Kutorenon Lumajang
24 April 2024 | Dilihat 516 kali | Penulis Juna . Redaktur Anam

Dalam upaya menanggulangi banjir yang kerap melanda Desa Kutorenon Kecamatan Sukodno rencana normalisasi Sungai Curah Menjangan dianggap sebagai solusi yang memerlukan kekompakan, koordinasi, dan kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dengan pemilik lahan sepanjang sungai tersebut.

Hal tersebut disampaikan dalam acara sosialisasi terkait rencana normalisasi yang dilaksanakan, Selasa (23/4/2024) di Ruang Rapat Kantor Camat Sukodono Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Staf Perencanaan UPT. PSDA WS Bondoyudo Baru di Lumajang, Reza Nurdiansyah menegaskan bahwa keberhasilan rencana tersebut bergantung pada dukungan dari Pemerintah Desa Kutorenon dan Desa Dawuhan Lor, serta pemilik lahan di sepanjang sungai.

“Rencana normalisasi dimulai dengan membuat kesepakatan bersama dari berbagai pihak terkait. Adanya persetujuan dari warga terdampak banjir, proses normalisasi yang memenuhi keadilan bagi semua pemilik lahan, serta penggunaan material bekas galian untuk kepentingan umum menjadi beberapa poin penting dalam kesepakatan ini,” ujarnya.

Sementara itu. Camat Sukodono Dian Nurwisudah mengapresiasi langkah penting tersebut sebagai upaya menangani bencana banjir di Desa Kutorenon. Ia berharap normalisasi Sungai Curah Menjangan dapat segera dilaksanakan dengan koordinasi yang baik antara pemerintah desa, pemilik lahan, dan instansi terkait.

“Partisipasi berbagai pihak dalam kegiatan sosialisasi ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam menanggulangi masalah banjir yang menjadi ancaman bagi Desa Kutorenon setiap musim penghujan,” pungkasnya. (KIM Kutorenon/Juna)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan