Posbindu, Inisiatif Penting dalam Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular
24 April 2024 | Dilihat 537 kali | Penulis Kholib . Redaktur Anam

Dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat secara menyeluruh, Pos Binaan Terpadu (Posbindu) telah membuktikan keberartiannya sebagai inisiatif yang efektif dalam memantau dan mendeteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular secara terintegrasi.

Hal tersebut dijelaskan oleh Petugas Kesehatan dari Puskesmas Kedungjajang Rahmad Nur Ainu Amd. Kep., saat menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi warga, khususnya lansia, di Dusun Taman Desa Tempursari Kecamatan Kedungjajang Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (23/4/2024).

Rahmad juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut memiliki tujuan yang jelas, yaitu memantau kesehatan masyarakat, terutama lansia, sejak dini. Posbindu memberikan kesempatan bagi lansia untuk melakukan deteksi dini dan pemantauan terhadap faktor risiko penyakit tidak menular serta faktor risiko lainnya.

Dalam penjelasannya, Rahmad juga menegaskan pentingnya konsep dasar pelayanan kesehatan bagi lansia agar dapat berjalan dengan optimal. Lansia yang sehat diharapkan dapat menjaga fisik, mental, kognitif, dan spiritual mereka melalui upaya promotif dan preventif, termasuk kegiatan pemberdayaan lansia.

“Tidak hanya melibatkan petugas kesehatan, kader Posbindu juga turut bekerja sama dengan Puskesmas Kedungjajang dalam upaya meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan,” jelasnya.

Dina Aprily, yang merupakan SDM Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Kedungjajang, juga memberikan tanggapannya terhadap kegiatan tersebut. Menurutnya, keberadaan Posbindu sangat penting bagi lansia untuk mengontrol kesehatan mereka sejak dini, terutama dalam pencegahan penyakit tidak menular seperti pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan tekanan darah.

Sementara itu, salah satu warga, Sumarni (57 tahun), mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kegiatan Posbindu yang dilakukan oleh Dinkes Desa Tempursari. Ia menyatakan bahwa pelayanan yang diberikan sangat membantu para lansia dalam menjaga kesehatan mereka.

Kegiatan tersebut berhasil memberikan pelayanan kesehatan kepada 20 masyarakat desa di Posbindu. Kegiatan tersebut berjalan lancar dan mendapat apresiasi dari peserta, menunjukkan komitmen Puskesmas Kedungjajang dan kader Posbindu dalam memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada masyarakat, khususnya lansia. (KIM Tempursari/Kholib)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan