Pj. Bupati Lumajang Ajak HPBI 'Urun Rembug' Selesaikan Masalah Pertambangan Pasir
25 April 2024 | Dilihat 381 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun) mengambil langkah solutif dengan mengajak Himpunan Penambang Batuan Indonesia (HPBI), untuk berkolaborasi dalam menyelesaikan problematik pertambangan pasir di Lumajang.

Saat rapat koordinasi bersama HPBI Lumajang, yang digelar di Ruang Mahameru Kantor Bupati Lumajang pada Kamis (25/4/2024), Pj. Bupati menyampaikan komitmennya untuk berkolaborasi dengan semua pihak, termasuk HPBI, yang memiliki kontribusi signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Lumajang melalui pasir, salah satu komoditas unggulan di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Yuyun juga mengungkapkan keinginannya untuk mendapatkan masukan dan saran dari HPBI dalam menyelesaikan masalah pertambangan pasir. Dirinya juga menekankan pentingnya partisipasi HPBI, sebagai wadah para penambang legal di Lumajang, yang paling memahami situasi pertambangan di lapangan.

Sementara itu, Ketua HPBI Lumajang, Jamal Alkatiri menyambut baik ajakan kolaborasi tersebut. Dirinya menegaskan kesiapan HPBI untuk bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menyelesaikan masalah, termasuk dalam mengatasi penambangan ilegal yang dapat mengganggu ketertiban di sektor pertambangan.

"HPBI siap bersinergi dengan pemerintah daerah. Kami yakin, dengan pemetaan masalah secara detail, termasuk penambangan ilegal, akan membantu mencegah potensi gejolak di lapangan," ungkapnya.

Langkah-langkah solutif tersebut menunjukkan komitmen bersama antara pemerintah daerah dan HPBI untuk menyelesaikan permasalahan pertambangan pasir dengan pendekatan yang kooperatif dan berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta pelestarian lingkungan. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan