Pemerintah Sumbangkan Alsintan untuk Peningkatan Produksi Pertanian di Lumajang
29 Mei 2024 | Dilihat 416 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam

Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menerima dorongan signifikan dalam sektor pertanian dengan disalurkannya bantuan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) berupa 35 unit traktor roda dua kepada puluhan kelompok tani yang tersebar di 15 kecamatan.

Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Penjabat (Pj.) Bupati Lumajang Indah Wahyuni (Yuyun), di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Lumajang, pada Rabu (29/5/2024).

Yuyun menyoroti pentingnya bantuan Alsintan tersebut sebagai langkah nyata dari pemerintah pusat, yang disalurkan melalui Kementerian Pertanian RI, dalam mendorong peningkatan produksi komoditas pertanian.

Menurutnya, langkah tersebut juga dianggap sebagai antisipasi darurat pangan di wilayah Kabupaten Lumajang.

"Dalam rangka mengantisipasi darurat pangan, kementerian pertanian melalui pemerintah pusat memberikan bantuan Alsintan berupa 25 unit hand traktor roda dua dan 10 rotari traktor kepada 35 kelompok tani di 15 kecamatan," ungkapnya.

Ia menegaskan pentingnya penggunaan Alsintan ini dengan efektif oleh para kelompok tani, dengan harapan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian di wilayah tersebut.

"Saya berharap bantuan Alsintan di 15 kecamatan ini bisa dimanfaatkan secara optimal untuk mendorong hasil produksi pertanian," harapnya.

Selain traktor roda dua, kelompok tani juga menerima bantuan 60 unit pompanisasi, dengan kabar baik bahwa pemerintah pusat akan menambah bantuan 17 unit pompanisasi lagi.

"Dari 77 kelompok tani di Lumajang, 60 unit pompanisasi sudah disalurkan dan sisanya akan segera menyusul. Ini merupakan dorongan besar bagi sektor pertanian di wilayah kita," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan