Usia Ideal Kehamilan Jadi Kunci Pencegahan Kasus Stunting
31 Mei 2024 | Dilihat 161 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam

Pentingnya menunda kehamilan pada usia yang ideal telah menjadi fokus utama dalam upaya pencegahan stunting (tengkes) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Dengan memberikan pemahaman yang cukup kepada masyarakat, diharapkan kesadaran akan pentingnya faktor ini dapat meningkat, sehingga angka stunting di Lumajang dapat ditekan secara signifikan,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lumajang Agus Triyono dalam kegiatan Penilaian Kinerja Stunting Provinsi Jawa Timur, di CCRoom Pemkab Lumajang, Kamis (30/5/2024).

Agus Triyono juga menyampaikan, bahwa salah satu tantangan utama yang dihadapi saat ini adalah tingginya angka perkawinan dini dan nikah siri. Hal tersebut menjadi faktor utama penyebab stunting di wilayah tersebut.

Menurutnya, langkah-langkah strategis telah diambil oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM) Lumajang untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu strategi yang ditekankan adalah edukasi kepada pasangan pengantin yang masih berusia di bawah 20 tahun untuk menunda kehamilan hingga usia yang ideal.

"Teman-teman KPM telah berupaya keras mengedukasi para pengantin muda agar bersedia menjalani tahun madu dengan sempurna. Ini berarti menunda kehamilan hingga usia yang lebih matang dan memungkinkan, yang pada gilirannya dapat menghambat proses terjadinya stunting pada anak," katanya.

Pada akhirnya, langkah-langkah tersebut diharapkan dapat membangun generasi muda yang lebih sehat dan berkualitas di masa depan, serta mengurangi dampak negatif stunting terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak-anak Lumajang. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan