Kerja Bakti Saluran Irigasi sebagai Simbol Gotong Royong untuk Kemajuan Pertanian di Pedesaan
02 Juni 2024 | Dilihat 421 kali | Penulis Lyster . Redaktur Anam

Semangat gotong royong kembali menggelora di Desa Sidorejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dengan digelarnya kerja bakti untuk membangun saluran irigasi pada Minggu (2/6/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh Pemerintah Desa, Sumber Daya Kelompok (SKD), perwakilan petani, dan warga sekitar, yang bersatu demi meningkatkan produksi pertanian dan membantu memperlancar aliran air ke persawahan.

Saat kegiatan tersebut, Kepala Desa Sidorejo Heru Subiantoro mengungkapkan, bahwa saluran irigasi tersebut menjadi tonggak penting dalam upaya memperkuat sektor pertanian, yang merupakan tulang punggung ekonomi masyarakat Desa Sidorejo.

Lanjut dia, tujuan utama pembangunan saluran irigasi adalah untuk memastikan aliran air dari Sungai Banter dapat mencapai persawahan dengan lancar, terutama pada masa tanam.

"Sektor pertanian memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi lokal dan penyediaan pangan bagi penduduk. Kesejahteraan petani juga sangat bergantung pada hasil pertanian," ungkap dia.

Menurutnya, kerja bakti tersebut bukan sekadar aktivitas fisik, melainkan juga merupakan simbol dari semangat gotong royong dan komitmen bersama untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan. Melalui kolaborasi yang erat antara pemerintah, petani, dan masyarakat, Desa Sidorejo bertekad untuk terus berkembang sebagai pusat pertanian yang produktif dan berdaya saing.

“Dengan semangat gotong royong yang menginspirasi, diharapkan pembangunan saluran irigasi ini akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi kesejahteraan dan kemajuan pertanian Desa Sidorejo secara keseluruhan,” harapnya. (KIM Sidorejo/Lyster)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan