Bersih Sungai Talang Bukan Hanya Aksi, Tapi Juga Edukasi untuk Masyarakat
05 Juni 2024 | Dilihat 266 kali | Penulis Wahyono . Redaktur Anam
Foto : Dok. Pendim 0821-lmj

Kegiatan pembersihan Sungai Talang di Dusun Kebonan Desa Pasirian Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (4/6/2024), yang dilaksanakan oleh TNI Koramil 0821/08 Pasirian bersama warga setempat, bukan hanya berfokus pada pembersihan fisik.

Kepala Dusun Kebonan Yudi Pribadi menegaskan bahwa kegiatan tersebut juga memiliki tujuan edukatif yang penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, khususnya wilayah sungai.

"Selain membersihkan fisik sungai, kegiatan ini bertujuan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai sebagai bagian dari tanggung jawab mereka untuk melestarikan lingkungan demi kesejahteraan generasi mendatang," ujar dia.

Yudi berharap melalui kegiatan seperti ini, masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Keterlibatan aktif warga dalam upaya pelestarian lingkungan sangat diperlukan untuk memastikan keberlanjutan ekosistem sungai dan kesejahteraan bersama.

Pembersihan Sungai Talang melibatkan pengangkatan sampah plastik, dedaunan, dan berbagai jenis limbah lainnya yang menumpuk di sepanjang aliran sungai. Kegiatan tersebut tidak hanya mengurangi risiko banjir dan menjaga ekosistem sungai yang sehat, tetapi juga memberikan contoh nyata bagaimana sinergi antara aparat dan masyarakat dapat membawa dampak positif bagi lingkungan.

"Kami sangat mengapresiasi partisipasi aktif warga bersama TNI dalam kegiatan ini. Harapan kami, kegiatan seperti ini dapat rutin dilaksanakan untuk menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan nyaman," katanya.

Dengan langkah-langkah konkret dan kerjasama yang erat antara aparat dan masyarakat, diharapkan keberlanjutan lingkungan dapat terjaga dan kesejahteraan generasi mendatang dapat lebih terjamin. (Pendim 0821/Wy)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan