Pj. Gubernur Jatim dan Pj. Bupati Lumajang Santuni Keluarga Korban Longsor di Pronojiwo
08 Juni 2024 | Dilihat 105 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam

Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, bersama Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, memberikan santunan kepada keluarga korban longsor di Pronojiwo. Kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk belasungkawa dan dukungan kepada keluarga yang ditinggalkan.

"Saya turut berbela sungkawa terhadap korban yang terkena musibah empat hari yang lalu. Korban longsor di Pronojiwo. Saya tadi mengunjungi dan memberikan instruksi agar Tim SAR tetap melakukan pencarian satu orang lagi," ujar Adhy Karyono saat berada di lokasi.

Bencana longsor di Pronojiwo menelan empat korban yang tengah menambang pasir. Tiga korban, Kusnadi dari Dusun Tulungagungan, Dwi dari Dusun Supit, dan Rohim dari Dusun Besuk Cukit, telah ditemukan namun tidak tertolong. Satu korban lainnya, Junaidi dari Dusun Karangsuko, yang berprofesi sebagai sopir truk, masih dalam pencarian oleh Tim SAR.

Adhy Karyono menekankan bahwa Lumajang merupakan salah satu daerah yang rawan terhadap bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor. Ia menginstruksikan agar Pemkab Lumajang segera memetakan daerah rawan bencana dan mencanangkan gerakan reboisasi untuk mitigasi.

"Saya melihat bahwa Lumajang ini sangat berisiko karena kondisi alamnya. Selain kekayaan alam yang dimiliki, risiko bencana hidrometeorologi seperti longsor dan banjir juga luar biasa. Makanya saya minta dilakukan mitigasi, dengan pemetaan wilayah-wilayah yang berisiko agar dilakukan penghijauan," tegasnya.

Pj. Bupati Lumajang, Indah Wahyuni, menyampaikan terima kasih atas perhatian dari Pemprov Jawa Timur. Ia mengapresiasi kehadiran dan dukungan pemerintah provinsi dalam situasi darurat ini.

"Kemarin terjadi longsor dan menimbulkan korban warga kami. Bapak Pj. Gubernur rawuh memberikan tali asih kepada warga yang terkena bencana. Itulah wujud perhatian Bapak Pj. Gubernur kepada Lumajang, semoga membawa dampak positif bagi Lumajang," ujarnya.

Perhatian dan aksi cepat dari pemerintah ini diharapkan dapat meringankan beban keluarga korban dan mendorong upaya mitigasi bencana di Lumajang. Pemerintah Kabupaten Lumajang berkomitmen untuk terus berupaya mengurangi risiko bencana melalui langkah-langkah preventif dan kerja sama dengan berbagai pihak. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan